Notification

×

Iklan

Iklan




Coffee Morning Ogah Tapi Pengukuhan Pengurus Datang: Kepengurusan Dipertanyakan...???

, 30 Agustus 2019



Medan,DP News                  
Coffee Morning tidak pernah jelas nasibnya bahkan Walikota Medan Drs Ht Dzumi Eldin S,MSi ogah melaksanakanya selama 4 tahun belakangan.Namun entah kenapa,Jumat(30/8) sore,Wakil Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi  OK..OK.. saja mengukuhkan kepengurusan Persatuan Wartawan Unit Pemko Medan periode 2019-2021.
Pelantikan yang sudah tertunda beberapa bulan ini tiba-tiba terlaksana dengan pasang tratak dan makan siang nasi kotak,kue kotak ,pakaian seragam sampai pakai keybooard nyanyi-nyanyi di halaman dalam kantor walikota.Secara pasti kurang diketahui,berapa dana yang dihabiskan untuk acara pengukuhan tersebut sebab Ketua Persatuan Wartawan Unit Pemko Medan M Edison Ginting tidak memaparkan mengenai anggaran pengukuhan tersebut.
Kabag Humas Pemko Medan Arrahman Pane yang dikonfirmasi lewat WA menjawab singkat bahwa panitia yang mengetahuinya. “Panitia yang tau “jawabnya singkat melalui WA.Ketua Panitia Ramli Sarumaha juga hanya mengatakn belum tahu anggaran yang terpakai termasuk dari mana sumbernya dan untuk apa.
Pengukuhan kali ini membuat sejumlah wartawan di Pemko Medan kecewa karena tidak tersosialisasi secara terbuka dan hanya orang-orang tertentu yang dekat dengan panitia pengukuhan yang diundang sehingga tidk terlalu ramai.Berapa dananya itu kalau sampai pake keyboard dan nyanyi-nyanyi,ujar sejumlah wartawan sinis.
Anehnya lagi susunan kepengurusan dodominasi orang-orang tertentu saja yang terlibat mulai dari pemilihan ketua.Selain itu,ada penasehat yang tidak pernah ikut rapat pemilihan ketua,tiba-tiba masuk dalam sususan kepengurusan serta yang diduga medianya pun dipertanyakan kelengkapan berkas masuk pula dalam kepengurusan. Sementara itu,ada wartawan yang sudah terverifikasi di Bagian Humas dan dapat uang kliping setiap bulannya justru tersisih.
Sebagaimana diketahui,sejak 4 tahun belakangan anggaran coffee morning tidak pernah ada bahkan nilainya Rp 0 walau anggaran untuk siaran langsung mencapai ratusan juta rupiah.Untuk TA 2019 ini ,anggaran coffee morning tetap Rp 0 dan diakui Kabag Humas Pemko Medan Arrahman Pane beberapa waktu lalu.
Padahal acara coffee morning merupakan salah satu upaya untuk memaparkan program dan kebijakan Pemko Medan kepaada wartawana.Beberapa waktu lalu tetap dilakukan terakhir semasa Walikota Medan Drs Rahudman Harahap.  
Sementara itu dalam relis Bagian Humas Setdako Medan disiarkan,pengukuhan ini dilakukan berdasarkan hasil rapat Wartawan Unit Pemko Medan yang dilakukan beberapa waktu yang menghasilkan keputusan kepengurusan Persatuan Wartawan Unit Pemko Medan periode 2019-2021 dibawah kepemimpinan Muhammad Edison Ginting dari Harian Waspada. Dengan pengukuhan ini, Edison Ginting tercatat menjadi Ketua Persatuan Wartawan yang berhasil menjabat selama tiga periode.
Selanjutnya, Andre Irsyadi (Harian Global 24 Jam) sebagai Ketua Harian, Dipo Sumarno (Harian Portibi) selaku Sekretaris Umum dan Marhot Harahap (Mimbaronline.com) sebagai Bendahara Umum. Kepengurusan ini akan didukung 8 divisi yakni Perencanaan dan Program, Pelatihan & SDM, Pemberitaan dan Data, Advokasi/Hukum, Sosial-Kehoranian, Pemberdayaan Perempuan, Budaya Seni/Olahraga serta Balitbang.
Dihadapan para wartawan yang dikukuhkan, Wakil Wali Kota berharap agar para wartawan dapat menjalankan tugas sebagai seorang jurnalis dengan sebaik-baiknya. Terlebih selama menjalankan tugas, hendaknya selalu mengedepankan dan menjunjung tinggi kode etik jurnalistik. Dengan begitu, bilang Wakil Wali Kota para wartawan dapat berperan sebagai social control yang sebenar-benarnya.
‘’Wartawan memiliki tugas penting dalam pembangunan daerah lewat pemberitaan yang konstruktif dan inspiratif. Selain itu, para wartawan juga merupakan mitra bagi Pemko Medan dalam menjalankan dan menyampaikan program-program kerja kepada masyarakat secara efektif. Untuk itu, dengan pengukuhan ini kiranya semakin mengutkan semangat para wartawan untuk menyampaikan informasi kepada khalayak secara berimbang, terlebih tentang Kota Medan,’’ kata Wakil Wali Kota.
Di samping itu, Wakil Wali Kota juga tidak membatasi setiap wartawan untuk menyampaiakan saran, masukan serta kritikan terhadap Pemko Medan.  Namun, Wakil Wali Kota mengingatkan hendaknya setiap kritikan yang disampaiakan sejalan dengan masukan dan ide-ide konstruktif sebagi bentuk sumbangsih dalam membantu mewujudkan percepatan pembangunan Kota Medan di masa mendatang.
Dengan pengukuhan yang dilakukan, Wakil Wali Kota selanjutnya berpesan agar seluruh wartawan yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Unit Pemko Medan diharapkan dapat bersatu padu menjalankan fungsinya sebagai jurnalis dan menjadi mitra terbaik Pemko Medan dalam memberitakan berbagai program kerja hingga pembangunan yang sedang dijalankan maupun sudah selesai dilaksanakan.
“Saya juga mengajak seluruh wartawan untuk dapat menjalankan tugasnya dengan baik sebagai social control di tengah-tengah masyarakat. Kemudian, pemberitaan yang disajikan hendaknya dapat menggugah masyarakat sehingga berdampak dengan peningkatan dukungan dan kepercayaan kepada pemerintah. Sebab, pembangunan yang dilaksanakan ini untuk kepentingan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,’’ ungkapnya.
Di kesempatan itu, Wakil Wali Kota juga meminta kepada seluruh jajaran, terutama pimpinan OPD di lingkungan Pemko Medan agar selalu membuka tangan dan akses seluas-luasnya kepada rekan-rekan wartawan untuk kepentingan pemberitaan.
‘’Perlu disadari, kita merupakan badan publik yang bertanggung jawab dalam keterbukaan informasi kepada khalayak ramai. Untuk itu, kita harus membuka akses seluas-luasnya kepada rekan-rekan wartawan,’’ pesannya.
Ketua Persatuan Wartawan Unit Pemko Medan ME Ginting dalam sambutan singkatnya, mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan, sehingga dirinya kembali dipercaya untuk menjabat sebagai Ketua Persatuan Wartawan Unit Pemko Medan untuk ketiga kalinya.
Kemudian Ginting mengimbau agar seluruh wartawan dapat menjaga nama baik Persatuan Wartawan Unit Pemko Medan dan senantiasa bersatu untuk bersama-sama berjuang membesarkan nama organisasi sekaligus kesejahteraan para wartawan. Sedangkan kepada seluruh mitra kerja pers, Ginting berharap, agar dapat memahami kerja seorang jurnalis yang berupaya mencari kebenaran untuk disampaiakn kepada masyarakat.
‘’Jika ada kritik yang kami sampaikan, itu tak lebih demi kemajuan dan perbaikan bersama. Oleh karenanya saya berharap seluruh mitra kerja jangan menutup akses informasi kepada wartawan untuk mendukung objektifitas dalam pemberitaan,’’ harapnya.
Acara pengukuhan ini turut dihadiri Kepala BKD & PSDM Kota Medan Muslim Harahap, Kabag Humas Arrahman Pane, Kabag Tapem Ridho Nasution, Sekretaris Dinas Perindustrian Kota Medan Parlindungan Nasution, Kabid Media Cetak & Elektronik Kominfo Syaiful Amri serta seluruh wartawan yang bertugas di lingkungan Pemko Medan. (Rd/Humas)

| | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |