Ditengah Guyuran Hujan Deras,Plt Kadis PU Medan Komando Normalisasi Drainase dan Pasang Pipa Raksasa di Medan Tembung







Medan,DP News
 Ditengah hujan deras yang mengguyur  Kota  Medan, saat   pukul 02:00 WIB  pagi, tidak  membuat patah semangat pengerjaan normalisasi drainase dan pemasangan pipa drainase raksasa di Lingkungan 5 Kelurahan Tembung Kecamatan Medan Tembung persis Jalan Letda Sujono, Jumat (6/12/2019) hingga pukul 02:00 Wib pagi.
Pasalnya, Plt Kadis PU Kota Medan Zulfansyah mewakili   Plt Walikota Medan Ir H Akhyar Nasution, Msi dengan mamakai mantel warna kuning, mengomandoi dan memberikan arahan langsung kepada  puluhan anggota yang bekerja keras melakukan normalisasi drainase yang selama 15 tahun tidak pernah dikerjakan sehingga menjadi faktor utama genangan air di Kawasan itu jika hujan turun.
Hasil pantauan wartawan, pengerjaan normalisasi drainase  dimulai  tepat pukul 08:30 Wib. Terlihat mesin dan alat berat seperti escavator mini, mobil penyedot air dan lumpur, mobil pemecah batu, truk pengangkut lumpur dan sendimen lumpur dan lainnya berikut operatornya masing-masing telah stand by menunggu aba-aba pengerjaan dilakukan.

Pertama dilakukan, adalah memecahkan dan menghancurkan titi jembatan salah satu gudang yang menjadi target sasaran penyebab saluran air tidak dapat mengalir. Setelah itu, dilakukan penggalian pengorekan sendimen lumpur yang tingginya hampir sama dengan pinggiran jalan.  
Saat pekerjaan dilakukan, beberapa kali hujan turun tetapi pasukan  tempur dan puluhan pekerja PU Kota Medan dengan peralatan yang lengkap seperti sepatu bot mengenakan  kaus berwarna kuning, seakan tidak perduli dan  tetap semangat terus bekerja. Sementara  beberapa warga sekitar terlihat antusias memperhatikan berbagai pekerjaan yang dilakukan tersebut.
Selain warga, terlihat juga perangkat Kecamatan dan Kelurahan  Kecamatan Medan Tembung mulai Kepala Lingkungan 5 Misnah, Kepling 6 Irza, Kepling 4 Erma Sari Nasution, Lurah Tembung dan dari Kecamatan. Sedang dari Dinas PU Kota Medan terlihat juga Kasi Alat berat OK Zainul Arifin,SE  yang tetap tidak bergeming dan mengenakan mantel hujan mendampingi Plt Kadis PU Kota Medan.
Sayangnya, para Kabid drainase, kabid alat berat, Kabid Jalan dan jembatan, tidak terlihat berada di lokasi. Sedangkan Sekretaris PU Kota Medan Ramlan, terlihat di lokasi tetapi tidak sampai selesai pengerjaan penanaman pipa sepanjang 8 meter yang kuat dan kokoh bagaikan baja bisa tahan 100 tahun dan bisa menampung berat beban berjalan ukuran 20 ton itu.
Sebagaimana target yang telah ditetapkan, akhirnya pipa ukuran 8 meter berhasil dan terpasang setelah sebelumnya diturunkan melalui mobil derek dan bekas galian yang sebelumnya berada di pinggiran jalan diangkat melalui mobil truk yang telah disiapkan sehingga tidak ada lagi sendimen lumpur di lokasi pengerjaan.
Misnah Kepling 5 Kelurahan Tembung Kecamatan Medan Tembung ketika dihubungi  di lokasi saat istrahat pekerjaan meminum banderek di salah satu warung mengakui, bahwa lokasi titi yang dikeruk dan dilakukan pemasangan pipa itu, sudah hampir 15 tahun tidak pernah tersentuh pengerjaan dan penggalian sehingga aliran air tidak berjalan.
Kami, jelasnya lagi, sudah mengusulkan pengerjaan ini jika ada rapat dan pertemuan di Kecamatan tetapi tidak pernah terealisasi seperti perhatian Pemko Medan yang dilakukan saat ini . Dengan terpasangnya pipa drainase ini ke dapan wilayah kami tidak tergenang lagi karena air sudah dapat berjalan lancar karena telah menampung debit hujan yang turun dari atas, katanya yang diamini oleh Kepling 6 dan 4 Irza dan Erma Sari Nasution.
Air Berjalan Lancar
Sedangkan Plt Kadis PU Kota Medan Zulfansyah ketika dimintai tanggapannya seputar normalisasi drainase dan dan pengerjaan pemasangan pipa itu, menyebutkan, dia berharap setelah dilakukan pekerjaan dan pemasangan pipa Hdpe Triple Wall ini air dapat mengalir semakin lancar di seputaran kawasan ini.
Menurutnya, ada beberapa drainase di daerah ini yang dimensi lumpurnya terlalu tinggi sehingga beberapa titik harus dibenahi agar air dapat berjalan dengan lancar. Yang jelas pengerjaan ini, dapat menampung air sementara sehingga tidak menimbulkan genangan lagi.
Untuk target ke depan, jelas Zulfansyah lagi, Dinas PU Kota Medan selaku perpanjangan Pemko Medan akan berkoordinasi dengan pihak  pihak Pemkab Deliserdang, untuk pengerjaan drainase di  Komplek TVRI karena termasuk kawasan mereka.
“Kemarin kita sudah buka komunikasi dan mereka sepakat tapi tinggal  menunggu waktu saja  karena memang sekarang akhir tahun belum bisa kita pus  kelanjutannya,  karena kita masih konsentrasi di kegiatan tahun 2019 ini,” imbuh Plt Kadis PU Kota Medan menuju mobilnya sembari melepas mantel hujan yang dikenakannya itu. (DP/ipan)