Ari Sigit ,Cucu Soeharto Ngaku Member Memiles,2 Mobil Mewah Disita Polda Jatim


Surabaya,DP News
Cucu Presiden Soeharto, Ari Haryo Wibowo Harjojudanto alias Ari Haryo Sigit kelar diperiksa penyidik Polda Jawa Timur terkait kasus dugaan investasi bodong beromzet ratusan miliar rupiah, Memiles. Rampung diperiksa selama enam jam, Ari Sigit mengakui dirinya adalah member Memiles.
"Iya (saya) member," kata Ari mengakui, sembari tertawa, Rabu (22/1)Ari sendiri tiba di Mapolda Jatim pukul 10.25 WIB. Ia baru keluar dari ruang pemeriksaan pada pukul 16.00 WIB. Selama itu pula, ia dicecar sebanyak 39 pertanyaan oleh menyidik.
Saat ditanya apakah dirinya mendapatkan hadiah atau reward dari PT Kam and Kam, Ari enggan menjelaskan. Ia menyebutkan hal itu akan dijelaskan oleh kuasa hukumnya.
Begitu juga saat dikonfirmasi apakah dirinya menerima aliran dana dari Memiles sebagaimana yang diungkapkan oleh Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan, Ari kembali menjawab normatif.
"Saya selaku warga negara yang baik, saya mendapat pemanggilan saya hadir di sini untuk memberikan kesaksian dan untuk lebih detailnya nanti lawyer kami akan menjelaskan juga Pak Kabid Humas juga akan menjelaskan" katanya.
Kendati demikian, Ari mengaku keluarganya telah menyerahkan dua unit mobil mewah berjenis Toyota Alphard ke kepolisian. Kedua kendaraan roda empat itu kini dalam penyitaan Polda Jatim.
Dua mobil itu merupakan reward yang diberikan Memiles kepada istirnya Frederica Francisca Callebaut, dan ibunya, Ilsye Aneke Ratnawati, yang juga member.
"Iya, itu dua mobil sudah saya serahkan. Tapi itu dari pihak keluarga, bukan saya," ujar dia.
Sementara itu, Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, pemeriksaan anggota keluarga Cendana ini sesuai dengan kebutuhan penyidik. Ari datang sebagai saksi.
"Statusnya masih saksi, kemudian diterangkan dan kemudian kita compare atau bandingkan dengan sistem yang ada, ternyata benar, yang bersangkutan member dan (melakukan) top-up beberapa kali," kata Truno.
Berdasarkan hasil pemeriksaan, Ari diketahui baru dua bulan bergabung menjadi member Memiles. Truno mengatakan, yang bersangkutan baru bergabung pada bulan November 2019 lalu.
"Dia (Ari) mengaku gabung bulan November dan Desember, dan mengaku belum terima reward," ujarnya.
Namun, terkait aliran dana Memiles yang diduga masuk ke rekening Ari, Truno belum bisa menyebutkannya, karena penyidik masih melakukan analisa lebih dalam.
"Kita masih analisa, apakah ini reward ataukah apa. Yang jelas kita lihat dulu, karena penyidikan baru selesai, dan hasilnya belum bisa kita sampaikan," ucap Truno.
Terkait dua mobil yang diserahkan Ari, ia membenarkan bahwa itu merupakan reward yang diterima Istri Ari, Frederica Francisca Callebaut, dan ibunya Ilsye Aneke Ratnawati.
"Jadi mobil itu diberikan untuk keluarga (ibu dan istri Ari), bukan untuk AHS," ujar dia.
Maka itu, pihaknya akan kembali menjadwal ulang pemeriksaan kepada Frederica Francisca Callebaut, dan Ilsye Aneke Ratnawati. Keduanya semestinya diperiksa pada hari ini.
"Kita jadwalkan minggu depan, karena hari ini mereka berhalangan hadir," pungkas Trunoyudo. (Rd/CNNIndonesia)