Antonius D Tumangggor: Warga Tidak Mampu Harus Nikmati BPJS Gratis dan PBI,Dana Jangan Sampai Silpa


Medan,DP News
Sosialisasi Perda No 4 Tahun 2012 untuk Dapil 1 berlangsung  hangat dn penuh dinamika.Anggota DPRD Kota Medan dari Dapil I, Antonius Devolis Tumanggor, S.Sos melaksanakan Sosialisasi Peraturan Daerah No.4 Tahun 2012 Tentang Sistem Kesehatan Kota Medan di Jl. Jawa Gang.Harapan Kelurahan Sei Sikambing II Kecamatan Medan Helvetia, Minggu (19/1).
Hadir dalam kesempatan ini 200 masyarakat yang diundang, Dinas Kesehatan Kota Medan yang diwakili Kapuskesmas Helvetia Syamsumasniar, SKM, MKes, Camat Medan Helvetia Andy M Siregar.
Dalam paparannya,Antonius menguraikan berbagai prgram pendukung Perda No 4 Tahun 2012 yang bisa dimaanfaatkan warga.Untuk itu,sebagai kader Partai Nasdem Kota Medan akan memperhatikan dan memperjuangkan program kesehatan (BPJS) bagi masyarakat yang tidak mampu dari tahun ini hingga lima tahun ke depan.
Sebab, pada saat reses kemarin, saya mendapatkan laporan buruknya pelayanan kesehatan untuk masyarakat. "Untuk itu pada saat ini, Partai Nasdem akan membantu  pengurusan BPJS gratis.Coba bayangkan, sudah 135 orang yang sudah terdaftar selama tiga bulan ini," jelas Antonius
Tambah Antonius lagi, pada intinya dari tahun 2021 hingga tahun 2024 nanti Partai Nasdem akan memperjuangkan sampai titik darah penghabisan, agar masyarakat miskin dapat merasakan pelayanan kesehatan gratis (BPJS).
"Buat apa dana kesehatan yang ada tidak bisa dipergunakan dan akhirnya Silpa Ini bukti bahwa Pemko Medan dalam hal ini Dinas Kesehatan tidak bisa mengelola dana tersebut dengan benar," ungkapnya.
Sementara Camat Medan Helvetia dalam sambutannya mengharapkan, setelah kegiatan sosialisasi ini masyarakat yang hadir bisa mendapatkan informasi yang benar mengenai pengurusan BPJS kesehatan.
"Saya menilai BPJS adalah program gotong royong dati  masyarakat dan untuk masyarakat dalam hal pelayanan kesehatan. Jadi, sudah sewajarnya semua pihak bisa memenuhi kewajibannya dengan membayar iuran tepat waktu," jelas Andy.
Dikesempatan yang sama Dinas Kesehatan menyampaikan, mungkin selama ini BPJS dan PBI ada kekeliruan untuk  masalah pengurusannnya.
Saat ini prosedur pengurusannya sudah berubah, yaitu surat pengantarnya dari Kepling ditujukan ke Lurah, setelah itu baru ke Dinas Sosial. Sebab, yang mengeluarkan kartu BPJS dari Dinas Sosial tersebut. Jadi bukan lagi di Puskesmas yang rekomendasi kepengurusan BPJS tersebut.
" Saat ini diPuskesmas ada pemeriksaan IPA, gunanya untuk pemeriksaan kanker Servik bagi wanita yang  dilakukan 2 minggu sekali. Dan yang perlu ingat agar masyarakat yang mampu jangan mengaku tudak mampu, sebab masih banyak masyarakat miskin yang membutuhkannya," papar Antonius.
Lanjutnya kembali, selain itu Puskesnas juga memberikan suntikan imunisasi BCG, Polio, Campak dan lainya.
Saat ini sudah masuk musim penghujan, mari awasi berkembang biaknya nyamuk Aides.Virus penyebar DBD yang ada di genangan air pembuagan belakang Kulkas."Sebab, ditempat yang jarang kita perhatikan itulah berkembang biaknya nyamuk DBD tersebut,".

Sesi Tanya Jawab
Salah seorang warga bernama Darwin Pasaribu (58) bertanya apa syarat dan ketentua bagi bagi masyarakat agar mendapatkan program BPJS gratis.
Menjawab pertanyaan in,iDinas kesehatan menerangkan bahwa saat ini di kecamatan sudah ada perwakilan BPJS." Hal ini jelas berkaitan dengan naiknya iuran BPJS kelas satu dan saat ini resmi sudah naik, jadi kalau masyarakat mau turun kelas menjadi kelas 3 tinggal kita minta petugasnya tersebut memindahkan datanya.Dengan catatan masyarakat itu tidak mempunyai tunggakan,".jelasnya.(Rd)