Tuntutan Unjuk Rasa Mahasiswa: Interplasi-kan Akhyar Nasution Terkait Pencopotan Dirut PD Pasar Medan


Medan,DP News
Penolakan terhadap SK Plt Walikota Medan tentang pencopotan 3 Direksi PD Pasar terus mengalir yang diawali unjuk rasa massa PMS (Pemuda Marga Silima) minggu lalu.Selanjutnya,aksi penolakan datang dari massa dua organisasi mahasiswa di Medankni  HMi dan GMNI, berunjuk rasa di kantor DPRD Medan, Selasa (28/).
Dengan tegas dan lantang para mahasiswa meminta lembaga legislatif menggunakan hak interpelasinya kepada Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution atas sikap arogansinya kepada masyarakat yang sangat tidak mencerminkan sebagai pemimpin Kota Medan.
"Kami minta lembaga legislatif menggunakan hak interpelasinya kepada Plt Wali Kota atas sikap arogansinya," kata Ketua HMI Kota Medan Rizky Akbar Maulana Siregar dalam orasinya.
Rizky mengambil contoh sikap arogansi Plt Wali Kota Medan yang memberhentikan secara tidak hormat atas tiga direksi PD Pasar Kota Medan tanpa alasan jelas. Yang teranyar Plt Wali Kota tidak mengindahkan penetapan PTUN Medan yang menunda SK pemberhentian tiga direksi PD Pasar tersebut dan berupaya mengeluarkan paksa Dirut PD Pasar Medan Rusdi Sinuraya dari ruang kerjanya melalui petugas Satpol PP.
"Penetapan PTUN Medan itu produk hukum yang dikeluarkan negara yang harus ditaati siapapun. Jadi bukan mempertontonkan sikap arogansi kekuasaan tanpa mengindahkan ketetapan hukum sebelum ada keputusan hukum yang tetap," kata Rizky diamini Ketua GMNI Medan Yesra Hasibuan.
"Artinya sikap arogansi Plt Wali Kota sering buat kegaduhan-kegaduhan. Kasus itu seyogyanya tidak boleh dilakukan, terlebih yang melakukannya Plt Wali Kota Medan," katanya.
Pantauan di lapangan, sebelum ke gedung dewan, massa HMI dan GMNI juga berunjuk rasa ke kantor Wali Kota Medan dengan tuntutan serupa.Seratusan dari dua organisasi mahasiswa di Medan, HMi dan GMNI, berunjuk rasa di Kantor Walikota dan Gedung DPRD Kota Medan, Selasa
Mereka menuntut Legislatif menggunakan hak interpelasinya kepada Walikota Medan Akhyar Nasution. Yang membantah telah melakukan semena-mena melakukan pemecatan terhadap tiga Direktur PD Pasar Kota Medan.
Mahasiswa meminta lembaga legislatif menggunakan hak interpelasinya untuk Walikota Medan Akhyar Nasution atas sikap arogansinya kepada masyarakat yang sangat tidak mencerminkan pemimpin Kota Medan.
"Kami meminta lembaga legislatif menggunakan hak interpelasinya untuk Wali Kota atas sikap arogansinya," kata Ketua HMI Kota Medan Rizky Akbar Maulana Siregar dalam orasinya.
Rizky mengambil contoh sikap arogansi Plt Walikota Medan yang memberhentikan secara tidak hormat atas tiga direksi PD Pasar Kota Medan tanpa alasan yang jelas. Yang teranyar Plt Wali Kota tidak mengindahkan penetapan PTUN Medan yang dipindahkan SK pemberhentian tiga direksi PD Pasar tersebut dan meminta dipindahkan Dirut PD Pasar Medan Rusdi Sinuraya dari ruang yang dilewati via Satpol PP.
Sebelum ke gedung dewan, massa HMI dan GMNI juga berunjuk rasa ke Kantor Walikota Medan dengan persetujuan tersebut.
“Penetapan PTUN Medan adalah produk hukum yang dikeluarkan negara yang harus ditaati dibebaskan. Jadi tidak mempertontonkan sikap arogansi tanpa mengindahkan ketetapan hukum sebelum ada keputusan hukum yang tetap, ”kata Rizky diamini Ketua GMNI Medan Yesra Hasibuan.
(Rd)