Akhyar: Tanam Pohon Demi Anak Cucu,50 Tong Sampah Sumbangan PT BGR


Medan,DP News                           
Senyum ,sapa riang terpancar dari wajah siswa-siswi SDS IT Siti Hajar saat menyapa kedatangan Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi kesekolah tersebut yang berada di Jalan Jamin Ginting KM 11 Paya Bundung Kelurahan Simpang Selayang Kecamatan Medan Tuntungan, Kamis (27/2). Plt Wali Kota juga terlihat bahagia dan senang berada disekolah yang rindang tersebut.
Plt Wali Kota langsung menuju lapangan untuk melakukan senam bersama siswa-siswi dan para guru SDS IT Siti Hajar. Usai melakukan senam, Plt Wali Kota selanjutnya melakukan penanaman pohon di lingkungan sekolah tersebut. Total pohon yang ditanam sebanyak 6 pohon palem.
Penanaman pohon tersebut dilakukan Plt Wali Kota didampingi Plt Kadis Pendidikan Kota Medan Masrul Badri, Kadis Lingkungan Hidup Kota Medan Syarif Armansyah Lubis, Camat Medan Tuntungan Topan O P Ginting, Yayasan IFDS Siti Hajar Dr Ir A Perwira Mulia Tarigan MSc, Direktur IFDS Siti Hajar Dr Ahmad Primonta Tarigan dan Kepala Sekolah IT Siti Hajar Rahmad Martuah SSn MPd.
Usai menanam pohon, Akhyar mengatakan salah satu tujuan kegiatan penanaman pohon ini adalah untuk mengurangi polusi udara yang semakin hari semakin buruk. Selain itu, kegiatan ini juga bisa bermanfaat untuk menanamkan kecintaan akan NKRI, sebagai media pembelajaran bagi anak sekolah dan masyarakat sekitar, serta menunjukkan kepedulian pihak sekolah SDS IT Siti Hajar akan lingkungan yang bersih, indah dan asri.
Namun, tambah Akhyar, bahwa upaya penanaman pohon yang dilakukan hari ini pasti tidak akan serta merta menjadi solusi atas permasalahan alam dan lingkungan saat ini. Namun paling tidak, hal ini menunjukkan bahwa SDS IT Siti Hajar masih mau peduli terhadap kondisi alam dan lingkungan di sekitarnya. Maka dari itu perlunya diseimbangi dengan menjaga kebersihan lingkungan, dimulai dengan mewadahi sampah.
"Menjaga kebersihan sekitar kita salah satunya juga dapat dilakukan dengan mewadahi sampah merupakan salah satu program yang tengah dilakukan Pemko Medan saat ini yakni #yokbikincantikmedan," jelas Akhyar.
Dijelaskan Akhyar, Program #yokbikincantikmedan merupakan suatu program yang mengajak seluruh masyarakat Kota Medan untuk bergerak bersama dengan pemerintah dalam membuat Kota Medan bersih, aman dan nyaman serta bebas dari sampah. "Saya berharap melalui program yang tengah digelorakan Pemko Medan tersebut dapat membuat Kota Medan yang kita cintai ini bersih aman dan nyaman serta membuat Medan lebih cantik lagi," harap Akhyar.
Dalam kesempatan tersebut, Akhyar juga mengapresiasi kepada SDS IT Siti Hajar. Sebab, SDS IT Siti Hajar telah meraih penghargaan Adhiwiyata Tingkat Nasional. Selain itu, SMP Siti Hajar juga akan tengah berusaha dalam mendapatkan penghargaan Adhiwiyata Tingkat Nasional Mandiri.
Sebelumnya, Yayasan IFDS Siti Hajar Dr Ir A Perwira Mulia Tarigan MSc mengucapkan terima kasih kepada Plt Wali Kota yang telah datang ke SDS IT Siti Hajar untuk melakukan penanaman pohon. "Dengan adanya penanaman pohon ini, saya berharap kita dapat menyelematkan bumi kita dari global warming serta menjaga udara di sekeliling kita tetap sejuk," harap Perwira.
Sementara, PT Bhanda Ghara Reksa (BGR) Divre I Medan atas pemberian 50 unit tempat sampah ke Pemko Medan. Tujuannya guna mendukung terwujudnya program Yok Bikin Cantik Medan yang saat ini tengah gencar digelorakan.Pemberian dilakukan langsung GM PT BGR Medan Divre I Medan Lukas Rusdiono.
Didampingi Kadis Lingkungan Hidup Kota Medan  Syarif Armansyah Lubis, Kadis Perumahan Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang (DPKPPR) Benny Iskandar, Camat Medan Marelan M Yunus, Akhyar berharap tempat sampah yang diberikan dapat meningkatkan derajat kebersihan Kota Medan khususnya di wilayah kecamatan Medan Marelan.
"Program Yok Bikin Cantik Medan bukan hanya sekedar ucapan, tapi juga kerja nyata. Hari ini kita diberi wadah, tugas kita adalah mewujudkan kebersihan itu secara bersama-sama. Sebab, kebersihan adalah kebutuhan dan kebutuhan itu harus diwujudkan dengan semangat, komitmen dan kerja keras," bilangnya seraya berharap tempat sampah yang diberikan dapat terus bertambah tidak hanya melalui CSR PT BGR tapi juga bagi pelaku bisnis dan usaha lainnya sebagai kontribusi nyata bagi Kota Medan.
Tempat sampah yang diberikan secara simbolis GM PT BGR kepada Akhyar diterima dengan suka cita. Kemudian, Akhyar juga secara simbolis menyerahkannya kepada camat Medan Marelan untuk dibagikan ke wilayah se-kecamatan Medan Marelan. Dengan harapan masyarakat dapat menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak lagi membuang sampah sembarangan. (hot/Rd)