Anggota Komisi 3 DPRD Medan T Erdiansyah Rendy Dukung Program Wisata Malam Kesawan Menjadi 'Malioboronya' Kota Medan

Foto: T Erdiansyah Rendy (Ist)
Medan,DP News
Anggota Komisi 3 DPRD Medan T Erdiansyah Rendy sambut baik dan mendukung program penataan kawasan Kesawan menjadi wisata malam di Kota Medan.Program wisata malam dengan daaya tarik aneka kuliner khas Kota Medan saangat cocok dikembankan untuk menghidupkan roda perekonomian di Kota Medan,khususnya mendukung sektor pariwisata.
Menjadikan kawasan Kesawan menjadi wisata malam seperti Malioboro Jogjakarta perlu segera direalisasikan apalagi dikaitkan dengan pelestarian bangunan tua heritage seperti Gedung Warenhuis,supermarket pertama di zaman Belanda di Kota Medan.Menata Kesawan menjadi wisata malam hari akan mengulang kembali julukan “Paris Van Sumatera”.
Dari segi letaknya yang strategis di inti kota,kawasan Kesawan juga lokasinya berdekatan dengan hotel-hotel berbintang yang tamunya bukan saja dari dalam negeri tetapi juga wisatawan mancanegara.Ini khan salah satu faktor yang menguntungkan bagi program wisata malam kawasan Kesawan,ujar Rendy yang juga dipercaya sebagai Sekretaris Fraksi Partai Nasdem DPRD Medan,Senin(17/2).
Mempromosikan kawasan Kesawan tidaklah susah lgi sebab dari dulunya sudah terkenal dengan julukan “Paris van Sumatera” dan di era kepemimpinan Walikota Medan Drs H Abdillah Ak,MBA sudah pernah ditata dengan Kesawan Square,tambah Rendy yang baru saja kembali dari Jakarta usai mengikuti Sekolah Legislatif di ABN(Akademi Bela Negara) bersama Ketua Fraksi Partai Nasdem Afif Abddillah,Wakil Ketua Fraksi Antonius Devolis Tumanggor dan Bendahara Fraksi Habiburrahman Sinuraya.
Konsep wisata malam dengan aneka kuliner kata politisi muda Partai Nasdem Rendy, memang harus direncanakan dengan matang sehingga seluruh jajaran OPD Pemko Medn harus berperan aktif karena yang akan diurus bukan hanya aneka kulinernya saja tetapi banyak aspek misalnya pengturan lalu lintas,kebersihan,kenyamanan dan lainnya.
Dari segi eksternal perlu melibatkan pemangku kepentingan lainnya misalnya koordinasi dengan unsur Forkopimda Medan sebab pendekatan dari segi keamanan dan ketertiban sangat penting sehingga orang yang mau menikmati makanan dan mkinuman merasa nyaman dan santai.Demikian pula bila para pengunjung hendak jalan jalan mengelilingi kawasan Kesawan hingga ke Gedung Warenhuis,rasa nyaman dan suasana santai itu benar-benar diperhatikan.
“Kesan nyaman dan santai akan terpromosikan dengan sendirinya sehingga para pengunjung baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara bakal  ramaimengunjungi wisata malam Kesawan”katanya.
Program wisata malam  inipun sudah dibicarakan bersama Plt Walikota Medan Ir H Akhyar Nasution,MSi  dengan Gubsu Edy Rahmayadi sehingga patut didukung apalagi dikaitkan dengan “Medan Rumah Kita” dan #yokkitabikinmedancantik.
Banyak hal yang akan berkembang dengan konssep wisata malam ini,daari segi roda perekonomian akan menambah penghasilan para pengusah kuliner dan perajin oleh oleh khas Kota Medan sedang dari sisi ketenagkerjaan akan membuka lapangan kerja bagi warga Kotaa Medan.Ratusan orang tenaga kerja bakal tertampung sehingga konsep ini harus mendapat dukungan dari semua unsur masyarakat karena keuntungannya juga akan dinikmati warga Kota Medan juga.
Aspek lain,pedetarian yang sudah dimulai di sekitar Lapangan Merdeka perlu dikembangkan hingga pusat wisataa malam Kesawan agar para pengunjung bisa leluasa menikmati suasana malam dan aneka kuliner yang disuguhkan para pedagang,ujar Rendy.
Rendy juga mengingatkan agar aneka macam kulinerr yang disajikan hendaknya bernuansa makanan dan minuman khas Tanah Deli sehingga dari segi budaya juga memperkenalkan bahwaa Kota Medan puny beranekaragam makanan khas daerah.
Juga katanya perlu dipertimbangkan agar saat –saat tertentu dijadwalkan penampilan atraksi aneka budaya daerah seperti taari-tarian,lagu daerah dan atraksi lainnya yang bisa menambah suasana menarik bagi para pengunjung di wisata malam Kesawan.
Sambil menikmati makanan ,ada lagi suguhan lagu lagu daerah akan membuat para pengunjung semakin betah dan akan menambah penghasiln bagi para pedgang kuliner.Rendy berharap dengan harga aneka macam kuliner yang terjangkau tetapi kualitas bergengsi ,wisata malam Kesawan tidak akan kalah hebatnya dan bisa bersaing dengan Malioboro Jogjakarta,kata Rendy menanggapi program pengembangan wisata malam Kesawan.(Rd)