Kacang Macadamia Termahal di Dunia,Rp 450 Ribu Per Kilogram,Cocok Dikembangkan di Sekitar Danaau Toba...

Foto Pohon Tanaman Kacang Macademia(Dok)
Komite Masyarakat Danau Toba (MDT) baru-baru ini menyampaikan programnya bakal menghijaukan punggiran Danau Toba dengan menanami tanaman Kacang Macademia yang bisa dikonsumsi manusia.Bila tanaman kacang ini dikembangkan bukan hanya dari segi penghijauan juga segi ekonomis karena harganya cukup mahal berkisar antara Rp 350 ribu hingga Rp 450 ribu.Cuma harus bersabar sebab bafru bisa memetiknya 7-10 tahun mendatang.
Dengan konsep penghijauan ini tentu akan mendukung program daerah tujun wisata sebab paling tidak Tahun 2030 mendatang sekitar Danau Toba sudah menjadi daerah produksi kacang Macademia yang bisa menjadi salah satu objek yang bisa ditawarkan bagi para wisatawan.
Ketua KMDT Edison Manurung mengatakan program ini mendukung program pemerintah dialam membenahi Danau Toba sebagai destinasi wisata kelaas dunia.
Harga kacang Macadamia kupas berkisar antara $ 30 ~ $ 40 / kg alias kisaran Rp 350 ribu dan Rp 450 ribu per kilonya

Kacang Macademia, salah satu kacang yang juga dibudidayakan di Indonesia. Harga kacang jenis ini menjadi termahal di dunia lantaran disetujui dengan alasan Pohon Macadamia harus menunggu 7-10 tahun untuk menghasilkan kacang, dan juga kulit sangat keras padahal kacang dijual harus dalam bentuk biji kacang saja.
Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (24/4), jenis ini dinamai seperti penemunya yaitu John Macadam, dia adalah rekan kerja Ferdinand von Mueller yang pertama kali ditemukan pada tahun 1857. Tumbuhan ini dikenal sebagai bijinya yang dikenal dengan nama kacang Macadamia. Hanya 2 spesies diambil kacangnya, M. integrifolia dan M. tetraphylla . Spesies lain yang memiliki biji yang disetujui.
Kacang Macadamia, jenis kacang termahal di dunia yang ada di Indonesia
Bagaimana sejarahnya kacang asli Australia ini bisa ada di Indonesia? Menurut Suyanto Kartosoewarno MS, insinyur peneliti Makadamia, pada tahun 1971 bibit kacang yang dibawa dari Hawaii ditanam di kebun kopi Blawan, Bondowoso, Jawa Timur sebanyak 105 pohon. Kebun ini milik PTPNXII.
Lebih dari 105 tanaman pada ketinggian sekitar 900 mdpl ini cukup bagus, bahkan berbuah lebat. Tapi fenotip sangat heterogen, bahkan antara satu dengan lainnya ada bedanya. Perbedaan terlihat dari bentuk tajuk, daun, bunga, buah.
Kacang Macadamia sangat mahal bukan hanya karna rasa yang lembut, tetapi juga karena minyak yang dihasilkan. Biji kacang macadamia dapat menghasilkan minyak hinggal 80%. Minyak ini bermanfaat untuk kosmetik, terutama untuk produk perawatan kulit, karena merupakan alternatif untuk minyak mink (pelembab ekstra untuk kulit).
Lalu berapa kira-kira harga kacang ini? Harga kacang Macadamia berkisar antara $ 30 sampai $ 40 / kg alias kisaran Rp 350-450 ribu per kilonya lho. Kamu berminat mencoba membeli nggak? (Diolah Redaksi DP News)