Kabar Terbaru: Tarif Listrik Tidak Naik Hingga Juni Nanti....


Jakarta,Kompas.Com
Masyarakat masih bisa bernafas lega karena dipastikan tarif listrik tiak naik hingga Juni mendatang.Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan tidak ada kenaikan tarif listrik hingga Juni 2020.  Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana seperti dikutip dari laman Setkab.go.id, Jumat (6/3).
“Sampai Juni tidak ada penyesuaian tarif. Sudah ditetapkan dengan berbagai pertimbangan kondisi keekonomian. Sekarang adanya isu Corona, suka enggak suka, ikut menekan kondisi keekonomian yang kurang menggembirakan,” ujarnya.
Rida mengatakan, tidak adanya penyesuaian tarif listrik hingga Juni 2020 sudah mempertimbangkan 4 parameter. Meliputi Indonesian Crude Price (ICP), harga batubara, nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat dan inflasi tiga bulan terakhir. Pemerintah menyadari tidak naiknya tarif listrik akan berdampak ke Biaya Pokok Penyediaan (BPP) PLN. Namun Rida mengatakan, Pemerintah tidak akan membiarkan PLN merugi. Ia mengungkapkan, pemerintah sudah menyiapkan dua skema pembayaran kepada PLN.
"Mereka (PLN) dapat dalam bentuk subsidi yang dibayar per bulan dan ada alokasi yang diatur PMK (Peraturan Menteri Keuangan) dan dihitung setelah ada audit BPK (Badan Pemeriksa Keuangan)," kata dia. Pemerintah berharap, tidak ada kenaikan tarif listrik sampai Juni 2020 bisa menaikkan daya beli masyarakat. Selain itu, daya saing industri juga diharapkan naik di tengah wabah virus corona. Sementara kata Rida, penyesuaian tarif listrik diizinkan diajukan per 3 bulan. Namun demikian, harus disampaikan kepada publik sebelum dikaitkan dengan perbaikan indeks pemberian berbisnis.(Rd/kompas.com)