PKS Unggul: Pertama Umumkan Cawako Medan Salman Alfarizi

Foto/Kompas.com
Medan,DP News
PKS (Partai Keadilan Sejahtera) menjadi parpol yag pertama mengumumkan nama Cawako Medan pada Pilkada 2020 nanti.Partai politik lain masih sebatas wacana dan belum ada bukti nyata pengumuman resmi sebagamana dilakuan PKS.
Dewan Pengurus Pusat Partai Keadilan Sejahtera mengusung Salman Alfarisi sebagai calon Wali Kota Medan. Pilihan DPP PKS kepada anggota DPRD Sumut itu untuk menghadirkan sosok alternatif di Kota Medan dalam pemilihan kepala daerah pada September 2020 mendatang. Ketua DPP PKS, Tifatul Sembiring mengatakannya kepada wartawan saat berada di Kantor DPW PKS Sumut di Medan, Kamis siang (12/3).
Dijelaskannya, Salman dipilih karena memiliki komitmen moral yang lebih tinggi.  Menurutnya, berdasarkan track record-nya, 3 wali kota terdahulu Kota Medan ini bermasalah dengan hukum dan divonis bersalah dan yang satu masih menjalani proses hukum.
"Tentunya masyarakat Medan kecewalah dengan hal-hal seperti ini. Kita ingin mengobati dan kita tentunya, PKS memutuskan yang komitmen moralnya lebih kuat dan memiliki visi untuk membangun Kota Medan," katanya.
Dari sisi sosial, kata dia, pihaknya ingin meningkatkan daya kohesi yang lebih kuat antar keberagaman suku dan agama yang ada di Kota Medan.  "Ikatan kita ada kekeluargaan, kebersamaan untuk membangun Kota Medan. Jangan masing-masing menunjukkan ego dan tidak boleh diganggu proses-proses peribadatan. Kalau ada masalah-masalah, konflik diselesaikan lewat jalur hukum dan bukan lewat jalur anarkis atau kekerasan," katanya.
Dia menambahkan, pihaknya sudah berkomunikasi politik dengan  beberapa partai politik terutama yang di kubu 02 seperti PAN, Gerindra dan juga Demokrat. Saat ini pihaknya masih menunggu. PKS, kata dia, kurang 3 kursi lagi. Dari 10, baru 7.  "Kalau 1 saja bisa berkolaborasi sudah cukup. Kalaupun dalam komunikasi nanti tentunya akan umumkan hasilnya dengan siapa akan berkoalaisi. Kalau Gerindra lebih dekat ke Bobby, ya terserah saja itu hak politik mereka tapi kami akan tetap maju dari sisi yang lain," katanya. 
Sosok Salman, kata dia, memiliki pengalaman menjadi anggota DPRD Kota Medan selama 2 periode, lahir dan besar di Medan dan sekarang menjadi anggota DPRD Sumut. Artinya, kata dia, Salman paham terhadap Kota Medan. 
Salman siapkan tagline: Nyaman Kotanya, Bahagia Warganya Salman Alfarisi mengatakan, dipilihnya dirinya sebagai bakal calon walikota Medan dari yang dipilih DPP PKS sudah melalui mekanisme.
"Dengan keputusan ini saya sebagai anggota dan kader PKS menyahuti amanah yang diberikan kepada saya dan ini amanat umat, masyarakat," katanya. 
Salman mengaku bahwa visi dan misinya sederhana saja, menjadikan Kota Medan lebih baik dan nyaman. "Tagline kita, nyaman kotanya, bahagia warganya. Dengan program ini, memberikan pemahaman bahwa PKS menginginkan Kota Medan ini lebih baik dari sebelumnya," katanya.
Sejumlah nama sempat muncul menjadi nbaal calon Walikota Medan pada Pilkada 2020 ini nmun sampai saat ini belum mendapat restu dari npartai politik.Plt Walikota Medan Ir H Akhyar Nasution,yang kader PDI Perjuangan dan Boby Nasution,menantu Presiden Jokowi sampai saat ini juga belum mendapat rekomendasu dari parpol.(Rd/Kompas.com)