Antonius Tumanggor Salut, Afif Desak Akhyar Segera Keluarkan SK Penggratisan Uang SPP Siswa Terdampak Covid-19


Medan,DP News
Ketua Fraksi Partai Nasdem DPRD Medan Afif Abdillah apresiasi dan dukung rencana  menggratiskan uang SPP bagi siswa SD dan SMP. Adanya pernyataan dari Plt.Walikota Medan, Ir.Akhyar Nasution yang sedang melakukan kajian untuk menggratiskan uang SPP untuk siswa SD, dan SMP sederajat selama pandemi COVID-19 mendapat apresiasi dari Ketua Fraksi NasDem DPRD Kota Medan, Afif Abdillah, SE.
Menurut Afif, saat ini, dampak dari pemberlakuan pembatasan keluar rumah akibat adanya wabah Virus Corona telah menambah beban ekonomi dan kebutuhan hidup sehari-hari, apalagi sejak pandemi Corona (COVID-19) semua aktifitas sudah dilakukan dirumah.
"Disinilah dibutuhkan peran aktif pemerintah kota Medan untuk memberikan solusi bagi warga masyarakat Medan yang terdampak virus Corona, terlebih lagi mengenai biaya pendidikan anak-anak mereka,"ujar politisi dari partai NasDem Medan ini, Kamis(16/4) melalui pesan WhatsApps pribadinya.
Menurut anak mantan Walikota Medan ini, langkah Pemko Medan yang masih melakukan kajian hitungan untuk menggratiskan uang sekolah bagi siswa SD dan SMP hendaknya jangan hanya sebatas wacana, namun haruslah sudah dibuktikan dan terealisasi dalam beberapa hari setelah adanya pernyataan tersebut.
"Kita di DPRD Medan juga sudah melakukan rapat bersama para pimpinan DPRD Kota Medan bersama OPD Pemko Medan tentang pengangaran dana dari masing-masing OPD yang tujuannya untuk penanganan COVID-19, dan juga untuk membantu masyarakat Kota Medan yang terdampak dari wabah coronavirus yang sudah menjadi bencana Nasional,"terangnya.
Diakui oleh Afif, memang sudah ada beberapa pengelola sekolah swasta di Kota Medan yang telah mengeluarkan kebijakan dengan memberikan diskon uang SPP kepada orangtua murid, namun melihat kondisi kehidupan dan perekonomian di Kota Medan yang masih banyak dibawa rata-rata mampu, sehingga agar seluruh sekolah serentak dapat memberikan bantuan keringanan uang sekolah ataupun menggratiskan biaya sekolah.
" Kita dorong, agar secepatnya, setelah kajian dilakukan  Plt.Walikota Medan, mengeluarkan surat keputusan yang ditujukan kepada dinas pendidikan Medan untuk diteruskan dan diikuti ke setiap sekolah-sekolah baik negeri dan swasta agar menggratiskan uang SPP kepada murid mereka,"ucapnya.
Seperti diketahui , bahwa Pemko Medan akan kaji kemungkinan gratiskan SPP SD-SMP selama pandemi Corona. Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan, Akhyar Nasution, mengungkapkan bahwa kemungkinan tersebut tengah dikaji secara terperinci.
"Ada pemikiran dan rencana Pemko Medan (menggratiskan uang sekolah). Tapi belum final, karena sedang dihitung secara rinci atau fix," ujarnya, di Medan, Kamis (16/4). Politikus PDIP itu meyakini proses kajian tersebut akan selesai dalam waktu dekat. "Kami berharap akhir bulan ini sudah ada perencanaan yang bisa dirilis kepada masyarakat Kota Medan," terangnya.
Sejak merebaknya penyebaran virus corona di Kota Medan, seluruh aktivitas belajar mengajar dilakukan dari rumah.
Sementara itu,Afif juga mengapreasiasi sikap anggota fraksinya Antonius Tumanggor yang terus menyuarakan pemotongan uang SPP dan sudah mendapat respon positif dari sejumlah sekolah.Kita dukung sikap anggota fraksi Antonius Tumanggor yang getol menyuarakan pemotongan uang SPP ,yang ternyata sudah mendapat respon positif,ujar Afif.
Demikian pula,Antonius Tumanggor pun salut dengan kepedulian yang ditunjukkan Plt Walikota Medan Akhyar Nasution terkait rencana pemberian keringanan uang SPP bagi para siswa terdampak Covid-19.
"Saya salut kepada Plt Walikota Medan Akhyar Nasution yang telah memikirkan pemberian keringanan uang SPP.Apalagi beberapa hari lalu katanya Antonius dan Akhyar sempat tukar pikiran tentang uang SPP ini dan akhirnya mendapat sambutan melalui rencana penggratisan uang SPP "ujar anggota dewan dari Dapil 1 ini.(Rd)