Masjid Raya Medan Gelar Salat Id, Jemaah Wajib Pakai Masker dan Cek Suhu Tubuh


Jakarta,DP News 
Masjid Raya Al-Mashun, yang berada di Jalan Sisingamangaraja, Medan, tetap menggelar salat Id berjemaah. Jemaah yang datang diwajibkan menggunakan masker untuk mencegah penyebaran virus Corona.
Pantauan detikcom di lokasi pada Minggu (24/5), terlihat pintu masuk masjid dijaga aparat kepolisian menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap. Petugas kepolisian terlihat juga membagikan masker kepada jemaah yang tidak menggunakan.
Hendak masuk ke area masjid, jemaah harus dicek suhu tubuhnya. Jemaah juga harus melalui bilik penyemprotan disinfektan yang disediakan di depan masjid.
Para jemaah juga terlihat diminta mencuci tangan. Selain itu, jemaah yang datang ke Masjid Raya Medan ini juga terlihat membawa sajadah sendiri.
Kanit Binmas Polsek Medan Kota, Ipda Kasmir, mengatakan ada 30 orang personel yang disiagakan untuk mengamankan salat Id di Masjid Raya Medan. Dia menjelaskan jemaah yang ingin salat Id di Masjid Raya harus mengikuti protokol kesehatan.
"Kita wajibkan jemaah yang mau salat Id wajib pakai masker, kemudian sebelum masuk harus cuci tangan, kemudian kita lakukan tes suhu badan," ujar Kasmir.
Seorang jemaah, Riski, menyebut dirinya tetap salat Id di masjid meski khawatir penyebaran virus Corona. Dia menyebut akan tetap waspada selama di areal masjid.
"Kalau takut yang takut, kan Medan sudah zona merah. Tapi yang penting kita antisipasi, pakai masker dan inikan juga udah di cek suhu tubuh, nanti di dalam juga hindari sentuhan dengan yang lain. Itu yang penting," katanya.
Jemaah lainnya, Sopian, mengatakan dirinya memakai masker dan membawa sajadah sendiri saat mengikuti salat Id di masjid. Dia mengaku mengikuti imbauan pemerintah untuk pencegahan penyebaran virus.
"Iya dari rumah sama keluarga juga makai masker dan bawa sajadah sendiri. Kan ada disampaikan pemerintah. Kita kan juga ingin aman dari Corona ini," jelas Sopian.
Khatib salat Id di Masjid Raya Al Mashun Medan ini adalah Zaini Hafiz. Salat Id dimulai pukul 08.00 WIB.(Rd/detik.com)