Silahkan Daftar.: Mulai Hari Ini,42 Poltek Negeri Buka Pendaftaran SBMPN Politeknik

Jakarta,DP News
Pendaftaran seleksi bersama masuk politeknik negeri ( SBMPN) tahun 2020 dibuka,Selasa,(19/5) hingga 25 Mei nanti. Jalur SBMPN merupakan seleksi jalur tes yang diperuntukkan bagi calon siswa sekolah yang akan melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi bidang vokasi atau Politeknik dan Politani Negeri di seluruh Indonesia.
SBMPN merupakan istilah baru yang digunakan tahun ini, di mana sebelumnya memakai istilah Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN). Tahun ini, SBMPN diikuti sebanyak 42 politeknik negeri se-Indonesia. Disebutkan, pandemi Covid-19 turut berdampak pada mekanisme dan seleksi penerimaan mahasiswa baru jalur SBMPN ini. Seleksi yang rencananya dilakukan melalui skema ujian, berubah menjadi portofolio.
Apa syarat dan ketentuan peserta? Terdapat lima syarat dan ketentuan peserta yaitu Mempunyai NISN Berusia maksimal 21 tahun per tanggal 19 Mei 2020 Lulusan SMA, SMK, MA atau kejar paket C tahun 2018, 2019, dan 2020 Memiliki nilai rapor semester 1-6 dan ijazah atau SKL Belum diterima di jalur penerimaan SNMPN 2020
Bagaimana alur pendaftarannya?
1. Registrasi Pertama, peserta melakukan registrasi dengan mengisikan data awal NISN sesuai data Kemendikbud. Registrasi dilakukan melalui laman sbmpn.politeknik.or.id.  Selain itu, juga memasukkan data seperti alamat e-mail, nomor HP, jurusan SMA/SMK/MA, tahun lulus, memilih politeknik dan program studi, serta memilih bank dan mekanisme pembayaran.
Jika peserta diterima di SNMPN 2020, maka langkah registrasi selesai. Jika tidak, peserta yang lulus setelah tahun 2017 dapat melakukan pembayaran. Setelah melakukan pembayaran, selanjutnya akan mendapatkan username dan password via e-mail. Sementara bagi peserta yang lulusnya tidak setelah tahun 2017, maka proses selesai.
Registrasi tahap satu maksimal dapat dilakukan dua hari sebelum pendaftaran ditutup.
2. Melengkapi data Peserta login menggunakan username dan password yang valid. Jika peserta mendaftar SNMPN 2020, maka biodata, data keluarga, ekonomi, rapor, dan prestasi akan diambil dari data SNMPN 2020. Peserta diperbolehkan memperbarui data SNMPN 2020 tersebut dan melengkapi data, seperti rapor semester 6 dan ijazah.
Jika peserta tidak mendaftar SNMPN 2020, maka wajib melengkapi data berupa biodata, data keluarga, ekonomi, rapor, dan ijazah. Apabila mempunyai prestasi tambahan, maka dapat melengkapi data prestasi yang ada. Seluruh peserta yang sudah mengisi data, pastikan kembali pilihan prodi.
Kemudian akan muncul pertanyaan apakah akan daftar KIPK. Jika mendaftar, maka diminta untuk melengkapi data KIPK (KAP dan PIN), lalu cetak bukti daftar. Apabila tidak mendaftar KIPK, maka dapat langsung mencetak bukti daftar.
Cara memilih politeknik Siswa diperbolehkan memilih maksimal dua politeknik dan tiga pilihan jurusan. Pastikan pilihan politeknik yang dipilih sesuai. Hal yang perlu diingat, pilihan politeknik tidak dapat dibatalkan dengan alasan apapun jika pendaftar telah melakukan pembayaran. Apabila ingin melakukan perubahan pilihan politeknik, jangan lakukan pembayaran dan tunggu 1x24 jam agar virtual account (VA) kode yang sudah didapatkan kadaluarsa.
Pendaftaran SBMPN dikenai biaya sebesar Rp 150.000. SBMPN bekerjasama dengan OY! Indonesia sebagai mitra pembayaran, sehingga pembayaran dapat dilakukan dengan mengakses laman https://pay.oyindonesia.com/. Informasi lengkap mengenai panduan pendaftaran SBMPN 2020 dapat diakses di sini.(Rd/Kompas.Com)