Upacara Hardiknas Singkat dan Terbatas,Nadiem Makarim Ikuti Lewat Teleconference

Jakarta,DP News
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim mengikuti upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2020 secara virtual di akun Youtube, Sabtu (2/5) pagi. Nadiem mengikuti upacara secara terpisah melalui telekonferensi. Nadiem mengikuti upacara dengan latar belakang video bertuliskan "Hari Pendidikan Nasional" 2020 dan "Belajar dari Covid-19". Ia terlihat menggunakan batik berwarna biru.
Adapun upacara peringatan Hardiknas 2020 diselenggarakan di halaman Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Upacara digelar secara terbatas. Peserta upacara terlihat berdiri dengan jarak sekitar dua meter. Peserta mengenakan masker dan sarung tangan medis. "Laksanakan," kata Nadiem saat menerima laporan awal dari pemimpin upacara. 
Penghormatan kepada Nadiem sebagai pembina upacara juga dilakukan secara terpisah. Pemimpin upacara berteriak di lapangan Kemendikbud, sementara Nadiem berada di tempat terpisah. Nadiem juga memimpin mengheningkan cipta. "Untuk mengenang pahlawan pendidikan, marilah kita menundukkan kepala sejenak. Mengheningkan cipta, dimulai," kata Nadiem.
Dalam upacara Hardiknas 2020, ada juga pembacaan penghargaan Satyalancana Karya Satya sesuai Keputusan Presiden. Satyalancana Karya Satya merupakan sebuah tanda penghargaan yang diberikan kepada pegawai negeri sipil yang telah berbakti selama 10 atau 20 atau 30 tahun lebih secara terus menerus dengan menunjukkan kecakapan, kedisiplinan, kesetian dan pengabdian sehingga dapat dijadikan teladan bagi setiap pegawai lainnya. Hal
Nadiem juga membacakan sambutan pidato upacara peringatan Sisdiknas melalui video. Ia hanya memberikan kata pengantar agar bisa menyaksikan video. "Saat ini kita sedang melalui krisis Covid-19. Krisis yang memakan begitu banyak nyawa. Krisis yang menjadi tantangan luar biasa bagi negara kita dan seluruh dunia. Tetapi, dari krisis ini kita mendapatkan banyak sekali hikmah dan pembelajaran yang bisa kita terapkan saat ini dan setelahnya,” kata Nadiem dalam video sambutan. Upacara peringatan Hardiknas 2020 berlangsung sekitar 30 menit.
Di akun Youtube, upacara disaksikan netizen dari berbagai daerah, usia, dan lintas pekerjaan dengan jumlah lebih dari 11.000 netizen. Hadirnya Nadiem secara terpisah dari upacara di halaman Kemendikbud juga disoroti oleh sejumlah netizen lewat ko. Ada beberapa netizen yang bertanya keberadaan Nadiem. "Menterinya ke mana? Online juga upacaranya?," "Pak Menteri dari rumah ya?," Pihak Humas Kemendikbud mengonfirmasi, Nadiem mengikuti upacara dari kediamannya. Lokasi persis Nadiem berada belum dijelaskan lebih lanjut. Upacara peringatan ditutup dengan pemutaran lagu-lagu seperti Tanah Air, Rumah Kita (God Bless), dan lainnya. (Rd/Kompas.com)