Dengan Ongkos Rp 30 Ribu,Damri VIP Pariwisata Siap Melayani Penumpang Keliling Samosir....


Samosir,DP News
Kabar baik bagi sektor pariwisata di Pulau Samosir.Mungkin masih banyak orang Samosir yang belum mengetahui bahwa saat ini dengan ongkos Rp 30 ribu sudah bisa berkelilng menikmati keindahan Danau Toba dan Pulau Samosir.Ternyata bus Damri VIP tersebut sudah beroperasi sejak Maret lalu untuk mendukung sektor pariwisata di Samosir.
Sejak dioperasikan tiga  unit Bus Damri bantuan dari Kementerian Pariwisata yang dihibahkan ke BUMN, diperuntukkan sebagai  angkutan pariwisata lingkar Samosir sebagai salah satu program pemerintah pusat untuk menunjang kawasan sterategi pariwisata nasional.
Berangkat dari Onan Runggu berkeliling menikmati indahnya suasana pemandangan di sepnjang jalan lintasan menuju Tomok.Pengalaman menarik ini dituturkan salah seorang penumpang Bus Damri VIP yang lengkap dengan AC sehingga bebas dari asap rokok.
Dari pantauan di lapangan,Damri yang berkapasitas daya angkut 14 orang ini sudah  beroperasi mulai awal Maret  lalu, dalam kurun waktu terakhir ini ,armada khusus angkutan pariwisata berfasilitas VIP itu, mulai diminati masyarakat umum .
Salah satu warga Huta Hotang yang pernah menaiki bus Damri tersebut bermarga Samosir mengatakan dirinya sangat bersyukur atas perhatian pemerintah pusat ke Samosir.Dan klau  kita mau keliling Samosir lewat darat tidak repot lagi seperti sebelumnya harus lama kita menunggu bus,itupun kalau ada.
Coba lihat saat ini penumpangnya penuh,sebelumnya saya lihat setiap melintas dari daerah kita kadang hanya satu orang saja penumpangnya selama ini. Awalnya, Bus Damri ini kami pikir hanya khusus carteran pariwisata tetapi terakhir ini kami ketahui rupanya bisa membawa penumpang umum.
Terus terang,dengan kehadiran Bus Damri VIP  ini,kita sudah cukup terbantu,selain nyaman di dalam,tarif ongkos jarak jauh maupun dekat masih terjangkau dan nilainya sama,terangnya.
Tedi, salah seorang sopir Damri tersebut menyebutkan,Damri ini melayani khusus di kawasan sterategi pariwisata nasional di Kabupaten Samosir, dengan rute dan jam keberangkatan armada yang tiga unit itu semuanya dari pool pelabuhan Onan Runggu.
Lanju Tedi,ada juga dua unit  Damri bus besar melayani rute lingkar Samosir ,namun bila nanti sudah masuk sekolah kembali normal seperti biasa,bus besar tersebut akan perioritaskan untuk membawa anak sekolah ,pungkas Tedi.
Dijelaskan,kalau arah ke Tomok dua unit berangkat setiap pagi yakni pukul 07.30 WIB,pukul 08.30 WIBB  dan arah ke Nainggolan-Pangururan satu unit juga berangkat pukul 07.30 WIB,ketiga  armada  ini mutar dua kali lingkar Samosir dan kita berpapasan di jalan lintasan.
Bus Damri VIP ini dilengkapi dengan alat pantau dari terminal pusat sehingga rute perjalanan bisa dilihat operator pusat.(ML/r)