Rapidin Simbolon Bangga Sayur Mayur Petani Samosir Diekspor ke Korsel dan Singapura


Samosir,DP News
Bupati Samosir Rapidin Simbolon panen perdana sayur mayur yang merupakan binaan Koperasi Samosir Kasih Sinergi (KSKS) di Desa Tanjungan, Kecamatan Simanindo, Senin (29/6).Bupati Samosir di dampingi Asisten II Saul Situmorang, Kadis Pertanian Viktor Sitinjak, Kadis Ketapang Rawati Simbolon, Kadis Nakerkoperindag Vikbon Simbolon, Kadis Kominfo Rohani Bakara, Direktur RSUD dr. Hadrianus Sinaga dr. Friska Situmorang, dan Bank Mandiri KCP Samosir Andika Sitompul. 
Ketua Koperasi Samosir Kasih Sinergi (KSKS) Pdt. Manatar Rumapea menyampaikan terima kasih kepada Bupati Samosir atas perhatiannya terhadap pengembangan sektor pertanian di Kabupaten Samosir.
KSKS, lanjut Manatar, tetap berkoordinasi dengan Pemkab Samosir dalam melakukan seluruh kegiatannya membina para kelompok tani sayur mayur. Selain itu, KSKS juga menjalin kerja sama dengan PTK Mikael Grace Henokh (MKH) Kabanjahe untuk bantuan teknis mulai dari penanaman hingga pemanenan bagi para kelompok tani.
Manatar juga menjelaskan hasil pertanian sayur mayur Samosir dikirim ke pasar dalam dan luar negeri. Untuk dalam negeri, yaitu Bangka Belitung, Kalimantan, dan DKI Jakarta. Sedang untuk luar negeri, yaitu Korea Selatan dan Singapura.
Bupati Samosir Rapidin Simbolon mengapreasiasi semangat bertani yang diinisiasi oleh KSKS karena di tengah-tengah pandemi tetap melakukan kegiatan bertani untuk pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari. “Pada masa sulit ini, kita masih tetap produktif,” ungkapnya. 
Lebih lanjut,Rapidin juga menyampaikan terima kasih kepada KSKS yang telah mendorong, memotivasi, dan menginspirasi masyarakat Samosir untuk bertumbuh menuju kehidupan yang lebih baik dalam hal pertanian.  Dan berharap KSKS berkembang ke depan sebagai koperasi penggerak kegiatan pertanian di kawasan Kabupaten Samosir.
Pada kesempatan itu, Bupati Samosir juga menyampaikan terima kasih kepada Bank Mandiri KCP Samosir yang telah memfasilitasi para kelompok tani dalam Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk mengembangkan usaha pertanian sayur mayur melalui KSKS.
Bupati Samosir menyampaikan selamat kepada KSKS dalam menjalankan pengiriman sayur ke dalam dan luar negeri dan tetap memberdayakan para petani Samosir untuk mencapai visi Pemkab Samosir  yaitu terwujudnya masyarakat Samosir yang sejahtera, mandiri dan berdaya saing berbasis pariwisata dan pertanian.tutupnya. (ML-/r)