Warga Samosir Diimbau Tetap Waspada: Persiapkan Diri Jelang New Normal 1 Juli Nanti

Samosir,DP News
Fluktuasi penambahan kasus infeksi COVID-19 secara nasional hari ini masih tetap tinggi yaitu penambahan kasus infeksi per hari ini, Sabtu (20/6/2020) berjumlah 1.226 orang (45.029), sembuh 534 orang (17.883), dan meninggal 56 orang (2.429). Provinsi Sumatera Utara total positif infeksi 1.082 orang, sembuh 254 orang, dan meninggal 67 orang.
Kabupaten Samosir, Orang Dalam Pemantuan (ODP) 1 orang dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) nihil.Data di atas menunjukkan fluktuasi penambahan kasus yang cenderung meningkat tanpa penurunan yang signifikan dan kita mulai berpikir bagaimana jika pandemi COVID-19 belum berhenti sampai satu tahun ke depan? Jawaban sederhana adalah adaptasi.Bagaimana dengan adaptasi? Menerima fakta COVID-19 hadir di tengah-tengah kita dan kita pun tetap harus beraktivitas untuk melanjutkan kehidupan. Bagaimana caranya? Persiapkan diri dengan baik.
Terkait persiapan, Pemkab Samosir telah mengeluarkan Standar Operasional Prosedur (SOP) cara hidup berdampingan dengan COVID-19 dan simetris dengan Rapnpergubsu.Cara terbaik adalah mempelajarinya dengan seksama dengan pemahaman yang optimal serta keinginan yang kuat melakukannya secara utuh dalam perilaku hidup sehari-hari.
Memang ini adalah pilihan sulit, namun tidak ada pilihan lain kecuali mempersiapkan diri dengan baikPilihan ini juga mengharuskan kita mengubah perilaku hidup agar kita dapat bertahan hidup dengan tetap sehat dan beraktivitas aman COVID-19.
Waspada berarti menghidupi protokol kesehatan sebagai gaya hidup, mempelajari, memahami, dan melakukan  SOP yang dikeluarkan Pemkab Samosir dengan sungguh-sungguh. Mari saling ingatkan satu sama lain untuk perilaku hidup yang sesuai dengan protokol kesehatan. Mari kita tingkatkan ketahanan keluarga dan ketahanan lingkungan untuk mencegah COVID-19 yang akhirnya meningkat pada ketahanan desa, kecamatan, dan kabupaten Samosir.Jika ada sosialisasi normal baru lintas SKPD dalam beberapa waktu ke depan sebelum 1 Juli 2020, mari tangkap pesannya dan lakukan dengan sungguh-sungguh.
Yakinlah, Pemkab Samosir didukung Polres Samosir, Kodim 0210/TU, Kejari Samosir, DPRD Samosir, dan Elemen Masyarkat etap hadir di tengah-tengah masyarakat untuk mencegah dan menangani dampak COVID-19 pada penerapan normal baru.
Pemkab Samosir, melalui GTPP COVID-19 Kabupaten Samosir bersama dengan SKPD telah melakukan sosialisasi dan tetap mengamati perkembangan normal baru serta hadir melakukan sesuatu untuk menjaga masyarakat Samosir tetap aman dari COVID-19 melalui kerja sama yang intensif dan kolaboratif dengan Polres Samosir, Dandim 0210/TU, Kejari Samosir, DPRD Samosir, dan seluruh elemen masyarakat Samosir.
Mari tetap waspada selama pandemi COVID-19, persiapkan diri  dengan melakukan protokol kesehatan  secara ketat dan konsisten,agar kita tetap aman dari COVID-19.Demikian diperoleh dari sumber Dinas Komimfo Samosir.(ML/r)