Demi Belajar Daring: Ibu Karlik Jual Kambing Beli HP Untuk Anak Kelas 2 SD

Jombang ,DP News
Perekonomian yang rendah membuat banyak orang tua di Desa Marmoyo, Kecamatan Kabuh, Jombang tak mampu membelikan anak mereka ponsel pintar untuk belajar daring. Sehingga anak mereka belajar daring dengan menumpang di rumah yang mempunyai ponsel pintar.
Nasib kurang beruntung itu salah satunya dialami Karin Madu Lestari (7), siswa kelas 2 SDN Marmoyo. Sejak virus Corona mewabah Maret lalu, dia menumpang belajar daring di rumah Sekretaris Desa Marmoyo Sumandi (36). Belajar menumpang di rumah tetangga sudah menjadi rutinitas Karin setiap pagi.
Kebetulan anak Sumandi, Adam Muhtar, teman sekelas Karin. Rumah tersebut juga mempunyai jaringan wifi sehingga bisa dipakai untuk belajar online. Selain itu, Karin dan 4 temannya yang bernasib sama bisa meminjam ponsel pintar milik Adam untuk belajar.
Ibu Karin, Karlik (41) mengatakan, sebenarnya dia sudah membelikan anaknya ponsel pintar. Hanya saja ponsel tersebut lebih banyak dipakai anak sulungnya yang berusia 20 tahun. Padahal dia rela menjual kambing peliharaannya untuk membeli ponsel itu.
"Ya sempat jual kambing sama punya sedikit tabungan. Harga ponselnya Rp 1,5 juta, kambingnya laku Rp 700 ribu," kata Ibu dua anak ini saat menemani Karin belajar di rumah Sumandi, Jumat (24/7).
Hingga kini, Karlik belum mampu membelikan Karin ponsel pintar untuk belajar daring. Sehingga bocah kelas 2 SD itu akan terus menumpang belajar di rumah Sumandi.
"Kalau tidak panen kami tidak punya uang. Bapaknya (suami Karlik) hanya buruh tani sama punya lahan sedikit. Penghasilannya tidak menentu, cuma cukup buat makan saja," ungkapnya.(Rd/detik.com)