HUT Bhayangkara ke-74,Jokowi: Turunkan Polisi ke Desa Disiplinkan Protokol Kesehatan


 Jakarta,DP News
Presiden Joko Widodo meminta Polri turun hingga ke tingkat desa untuk mendisiplinkan pelaksanaan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Penerapan protokol kesehatan bertujuan untuk memutus rantai penularan virus corona atau Covid-19, antara lain mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak fisik. Ia mengatakan Polri memiliki instrumen, yakni satuan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) yang bisa dikerahkan ke seluruh desa.
"Keterlibatan seluruh jajaran Polri sangat sangat dibutuhkan mulai dari jajaran Mabes dan Polda, Polres dan Polsek sampai Bhabinkamtibmas di desa-desa, mengajak masyarakat untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan," kata Jokowi dalam sambutannya pada HUT Bhayangkara ke-74 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (1/7).
Selain itu, ia juga meminta Polri menggerakkan personelnya untuk memantau penyaluran bantuan sosial (bansos) di masa pandemi. Dengan demikian, penyaluran bansos berlangsung lancar dan tepat waktu, sehingga masyarakat dapat terbantu di masa pandemi Covid-19.
"Keterlibatan seluruh jajaran Polri dibutuhkan untuk aktif mengawal kelancaran dan ketepatan penyaluran bantuan sosial dan tentu saja menjaga keamanan dan ketertiban agar situasi tetap kondusif tetap aman dan damai," tutur Presiden.
 "Kita tidak boleh cepat menyerah. Pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia merupakan cobaan yang berat. Kita harus terus berikhtiar dan bekerja keras untuk mengatasi permasalahan kesehatan maupun permasalahan ekonomi," lanjut dia.
Peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-74 Bhayangkara pada tahun ini diselenggarakan berbeda seiring adanya pandemi Covid-19. Upacara yang biasanya diselenggarakan secara langsung atau tatap muka kini dilakukan secara virtual. Upacara bertempat di Istana Negara, Jakarta, serta live streaming dari Gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan. Para peringatan HUT Bhayangkara tahun ini, Polri mengusung tema,”Kamtibmas Kondusif Masyarakat Semakin Produktif”.
(Rd/Kompas.Com)