SMPN 4 Tanjung Beringin Terapkan Sistem Pembelajaran Daring: Soekirman dan Joshua Lumban Batu Spontan Sumbang Buku Untuk Pondok Literasi...


Kepala Sekolah SMP Negeri 4 Tanjung Beringin H  Alfi Syahri R  Siregar,SE,S.Sos,S.Pdi,M.Si. (Foto/Dolok S)
Tanjung Beringin,DP News
Penerapan teknologi menjadi keniscayaan terutama dalam pendidikan. Khusus hal ini SMP Negeri 4 Tanjung Beringin Kabupaten Serdang Bedagai  telah menerapkan sistem pembelajaran Daring (Dalam Jaringan) atau belajar secara online.
Hal ini disampaikan Kepala Sekolah SMP Negeri 4 Tanjung Beringin H  Alfi Syahri R  Siregar,SE,S.Sos,S.Pdi,M.Si usai acara kunjungan Bupati Serdang Bedagai Ir H Soekirman,Selasa(21/7).
Alfi Syahri mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai karena sejak berdirinya SMP ini tahun 1999 mungkin baru kali ini Bupati Ir. H. Soekirman berkunjung dan sekaligus meresmikan belajar sistem Daring. 
Bupati menyampaikan rasa bangganya dengan inovasi SMP Negeri 4 Tanjung Beringin sejak dipimpin Kepala Sekolah Alfi yang baru bertugas di SMP Negeri 4 Tanjung Beringin. Sekolah ini juga mempunyai juga pondok wisata  baca, pondok literasi yang bernuansa tepi pantai dengan rumah panggung.
"Siapa saja yang berminat untuk membaca dapat berkunjung khususnya di hari libur," ujar Alfi.
Kebanggaan yang lain adalah kekompakan para guru dan murid, penyediaan fasilitas ibadah/ruang belajar baik siswa yang muslim dan kristen. Dibangunnya musholla "Beriman" yang diberi nama oleh Bupati Ir H Soekirman.
Sooekirman  juga menyambut baik upaya untuk meningkatkan taraf kualitas literasi di daerahnya dengan peresmian Pondok Literasi dan Taman Edukasi di SMPN 4 Kecamatan Tanjung Beringin. Bupati menyampaikan apresiasi dan kebanggaan kepada sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Sergai karena hari ini ia kembali menyaksikan inovasi di bidang literasi dengan didirikannya pondok literasi di alam terbuka.
Secara spontan Soekirman menyatakan akan menyumbangkan buku-buku juga buku karya tulisan saya," ujarnya.Kemudian tokoh pendidikan juga dosen Fisipol USU Joshua Lumban Batu akan memberi sumbangan buku-buku untuk SMP Negeri 4 Tanjung Beringin.
Menurut Kepala Sekolah SMP Negeri 4, pelaksanaan sistem pembelajaran Daring punya kendala yaitu alat, gadget yang wajib dimiliki seperti hanphone dan laptop untuk murid. Ini menjadi perhatian semua, ini terkait untuk orang tua siswa ikut memperhatikan proses belajar daring/online. Orang tua siswa berperan di rumah maupun belajar pada kelompok belajar daring, untuk mengatasi kekurangan ini seperti siswa belum punya hp smartphone dan laptop, sekolah akan meminjamkan. Menurut Alfi  dibuatnya belajar kelompok dengan melibatkan orangtua.
Harapan Kepala Sekolah SMP Negeri 4 kepada pemkab maupun Pemprovsu dibuatkan pagar sekolah karena lingkungan sekolah berada disekitar alam terbuka, kemudian bangunan gedung olah raga indoor. Semoga sekolah ini menjadi percontohan untuk kabupaten Serdang Bedagai,ujar Alfi.
Sosialisasi pembelajaran sistem Daring dan peresmian pondok literasi, taman wisata baca, dan musholla baru dihadiri Kadis Pendidikan Drs Joni Walker ManikM.M, Kadisporaparbud Sudarno, S.Sos, Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Tanjung Beringin Henci Siregar, Pengurus Dewan Pendidikan, Komite Sekolah, orang tua siswa, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, serta masyarakat sekitar.(dlk/s)