Rasa Haru Sampai Teteskan Air Mata: Martua Sitanggang 'Dipaborhat Tangiang' Hula-Hula Situmorang di Urat

Samosir,DP News
Drs Martua Sitanggang,MM,Balon Wakil Bupati Samosir adakan acara doa bersama dengan keturunan Situmorang Sipitu ama di Lokasi ( Monumen)Tugu Situmorang, Urat ,Kecamatan Palipi, Kabupaten Samosir,Sabtu(15/8).Acara doa bersama tersebut dilakukan untuk memohon restu kepada pihak mertuanya (Situmorang-red), didoakan agar cita-citanya menjadi wakil bupati Samosir dikabulkan oleh yang maha kuasa pada Pilkaada  tanggal 9 Desember mendatang.
Kedatanganya didampingi oleh pengurus punguan Raja Sitempang Kabupaten Samosir yakni Saut Marulak Sitanggang (ketua), Asden Sitanggang (wakil ketua), Mangihut Sitanggang (wakil ketua), Hatoguan Sitanggang (penasehat), Kariel Sitanggang (wakil ketua), Budiman Sitanggang, Edy Manihuruk, Dongan Sidauruk dan Canro Sigalingging serta para rombongan dari keturunan Raja Sitempang Samosir.
Diprakirakan ribuan keturunan Situmorang Sipitu Ama se-kabupaten Samosir yang hadir mendoakan Martua Sitanggang bersama istrinya Artha Situmorang juga ditemani Balon Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom.Penyampaian doa dilakukan dengan penyematan ulos Batak dan memberikan ikan Mas kepada Martua Sitanggang bersama isterinya Artha Situmorang. Kemudian dilanjutkan kepada Vandiko Timotius Gultom bersama Martua Sitanggang.
Tak diduga acara tersebut tersebut dihadiri  sebanyak itu, Martua Sitanggang bersama istrinya Artha Situmorang menyampaikan rasa harunya dihadapan para undangan dengan menggunakan bahasa Batak Toba.
"Hula hulakku, tulangku,lLaeku, paribanku,tung massai balga  hian situtu rohakku,.Hubereng akka namarholong niroha, hamu akka hula hula nami, Tulang nami dohot pariban nami, dohot lae nami, ap udur, ima naeng paborhathon di bagasan tangiang (memberangkatkan dalam doa,red) , di hela muna dohot boru muna, ima nalaho adong sakkap ni hami hela dohot borumuna, namandok sakkap ni hela do inna sakkap ni simatua, "ungkap Martua Sitanggang sambil meneteskan air mata.
Tak hanya Martua Sitanggang, isterinya Artha Situmorang juga terharu dan menangis menyampaikan isi hatinya, "Dioppung, bapaku, diudaku, diitokku diparibanku, sude ma saluhutna hita na hadir ditempat on, pertama saya mengucap syukur kepada Tuhan Yesus yang sangat baik bagi kita semua, karena disiang yang indah ini, Tuhan mempersatukan kita, Tuhan menanamkan kasih kepada kita masing-masing, juga memberikan kasih kepada ito Vandiko bersama bapak Martua Sitanggang, "ujarnya.
Walau sudah banyak yang mengenalnya, dia juga tetap memperkenlakandirinya, "Sebelumnya saya perkenalkan diri Saya Boru Situmorang, bapak saya kelahiran dari lontung, lalu mamak yang melahirkan saya adalah boru Gultom dari Sitamiang satu kampung dengan ito Vandiko. Itu yang saya katakan tadi tidak ada yang kebetulan didalam Tuhan, kenapa mereka berdua harus dipertemukan, itu rahasia Tuhan yang kita tidak tau. Tapi saya percaya, ada rencana Tuhan yang terbaik yang akan Tuhan sediakan bagi mereka berdua, saya hanya sebagai seorang istri hanya dapat mendoakan bapak Martua Sitanggang sebagai suami, untuk memberikan dukungan kepada cita citanya yang selama ini yang sudah berkali kali mencalonkan diri dikabupaten Samosir ini, "tuturnya.
Dia percaya, atas acara doa bersama tersebut, Tuhan akan mengabulkannya, "Seperti firman Tuhan yang mengatakan dua tiga orang yang berkumpul untuk berdoa ada Tuhan disana untuk mendengarkan doa kita, jadi ini bukan dua tiga orang lagi, saya percaya semua  yang ada disini lebih dari dua tiga orang lagi saya percaya bahkan mungkin ada lebih dari ribuan orang memberikan doa kepada kami, karena mengasihi kami, kami percaya itu, dan saya percaya, Huboto do bapakku, najingjing do inna marboru, itu saya percaya, najingjing  marboru anggo marga Situmorang, lebih sayang dia marboru daripada sama anaknya dan itu sudah saya rasakan ketika bapak saya masih hidup, "katanya.
Arta Situmorang juga mengucapkan banyak trimakasih kepada koordinator acara tersebut Tumpak Situmorang yang juga purnabakti anggota DPRD Samosir, Hotman situmorang,dan undangan,Jonson Situmorang situmorang ,Agustan situmorang, Parulian Situmorang yang juga purna bakti DPRD Samosir dan para Situmorang lainya yang turut hadir dalam acara doa bersama tersebut.(ML/Rel)