Satgas Terus Waspadai Pendatang ke Samosir: Belum Sepenuhnya Warga Patuhi AKB


Samosir,DP News
Sesuai angka konfirmasi,Rabu(12/8) di Sumatera Utara terdapat  109 kasus setelah dua hari sebelumnya (11/8) 207 kasus dan (10/8) 129 kasus. Jika dirataratakan tiga hari terakhir, maka angka kasus konfirmasi per hari sebesar 148 kasus per hari.
Satgas Penanganan Covid-19 Samosir tetap mewaspadai pergerakan pelaku perjalanan ke Samosir, layanan pada situs-situs wisata, pembelajaran tatap muka pada tingkat SMP, kerumunan pasar dan sosial, dan kesiapan-kesiapan teknis lainnya untuk memastikan protokol kesehatan menjadi dasar seluruh kegiatan di luar rumah.
Saat ini tingkat kepanikan akan penularan Covid-19 tidak begitu tinggi namun Satgas Penanganan Covid-19 tetap mengkampanyekan perlunya protokol kesehatan untuk dilaksanakan pada seluruh kegiatan aktivitas di luar rumah terutama yang bersifat kerumunan agar tetap aman dari Covid-19. Sejauh ini, dinamika kehidupan masyarakat sudah berjalan normal meskipun masyarakat belum sepenuhnya mengikuti Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dalam beraktivitas.
Demikian disampaikan Kadis Kominfo Samosir Rohani Bakara dalam siaran persnya,Rabu (12/8).
Penurunan angka konfirmasi harian masih jauh dari harapan. Perlu intensifitas  penyadaran masif bagi masyarakat oleh multihelix melalui satu atau berbagai kesempatan terutama adanya orasi berulang terkait implementasi protokol kesehatan ketika melakukan setiap kegiatan resmi maupun tidak resmi.
Empat bulan ke depan, kita akan mengakhiri tahun 2020 dan memasuki tahun 2021  yaitu tahun tersedianya vaksin dan pemulihan ekonomi/sosial secara nasional. Kita berharap, sebelum vaksin tersedia, angka kasus konfirmasi tidak naik melainkan turun secara perlahan-lahan sebagai akumulasi tingkat kesadaran dan kedisiplinan menghidupi protokol kesehatan ketika beraktivitas di luar rumah. Alur berpikir sederhana adalah semakin tinggi tingkat kedisiplinan menerapkan protokol kesehatan, semakin ada harapan untuk penurunan angka kasus konfirmasi setiap harinya,pungkasnya.
Satgas Penanganan Covid-19 tetap akan berupaya semaksimal mungkin untuk memantau dan menegakan pelaksanaan protokol kesehatan setiap harinya dengan tujuan agar Samosir tetap zona hijau selama pandemi. Oleh karena itu, marilah tetap tingkatkan kesadaran, kewaspadaan, dan kepatuhan terhadap protokol kesehatan secara konsisten,harapnya.(Ml/r)
Data Perkembangan Covid-19, Rabu (12/8)
Nasional
Konfirmasi : 1.942  orang (130.718)
Sembuh : 2.088 orang (85.798)
Meninggal Dunia: 79 orang (5.903)
Provinsi Sumatera Utara
Konfirmasi : 109 orang (5.264)
Sembuh : 51 orang (2.138) (2.189)
Meninggal Dunia : 2 orang (231)
Kabupaten Samosir
Suspek : 1 orang
Konfirmasi : Nihil
Sembuh : 1 orang
Meninggal Dunia : Nihil