Dukung Satgas Covd-19 Samosir Kendalikan Covid-19: Patuhi Protokol Kesehatan


Samosir,DP News
Satgas Penanganan Covid-19 Samosir mengulang kembali pernyataan Presiden RI Joko Widodo dalam arahannya kepada para gubernur se-Indonesia 1 September lalu melalui video conference agar tetap fokus kendalikan Covid-19 di daerah masing-masing.
Pengulangan ini dimaksudkan untuk tetap mengingatkan seluruh masyarakat Samosir tentang pentingnya pelaksanaan protokol kesehatan yang berkaitan dengan jaga jarak, cuci tangan, tidak berkerumun, dan pemakaian masker.
Dalam praktiknya, Presiden Joko Widodo juga menekankan pentingnya disiplin pelaksanaan protokol kesehatan yang disertai pengawasan berkala dan tegas dilakukan dengan pemberian sanksi yang nyata bagi para pelanggar tentunya dimulai dari sosialisasi masif dan intensif,kata Kadis Kominfo Rohani Bakara,melalui siaran persnya,Sabtu(5/9).
Satgas penanganan Covid-19 Samosir menyadari sepenuhnya bahwa masyarakat belum melaksanakan protokol kesehatan secara total karena belum terbentuk kesadaran akan potensi bahaya yang ditimbulkan Covid-19 dan cara masif penularannya melalui interaksi sehari-hari.
Sesungguhnya,pemerintah telah sedang berupaya sedapat mungkin untuk penyediaan vaksin Covid-19 yang diperkirakan mencapai 290 juta dosis. Namun demikian, upaya pemerintah ini idealnya diimbangi dengan disiplin penerapan protokol kesehatan untuk mengurangi jumlah kasus konfirmasi positif setiap hari secara nasional, provinsi, dan kabupaten/kota. Saat ini, ada kekuatiran tidak berimbangnya kasus konfirmasi positif harian dengan fasilitas kesehatan yang tersedia bagi daerah-daerah yang kasus konfirmasinya relatif sangat tinggi.,ujarnya.
Di samping pemulihan di bidang ekonomi, Pemerintah Kabupaten/Kota diharapkan agar tetap berkonsentrasi mengendalikan penularan Covid-19 dengan kerja keras dan kolaborasi dengan seluruh elemen yang ada setelah hidup dalam normal baru.
Satgas Penanganan Covid-19 Samosir bersama seluruh elemen masyarakat akan berupaya keras untuk tetap fokus dalam pengendalian dan penanganan Covid-19 hingga vaksin ditemukan dan dapat digunakan secara efektif bagi manusia pada tahun 2021.
Oleh karena itu, mari kita dukung Satgas Penanganan Covid-19 beserta seluruh elemen masyarakat menggiatkan fokus pada pengendalian Covid-19 agar kasus konfirmasi positif harian tidak naik secara signifikan melainkan turun secara perlahan-lahan secara pasti berkat pengembangan ketahanan disiplin dalam penerapan protokol kesehatan,pungkas rohani. ( ML/r)
Data Perkembangan Covid-19, Sabtu (5/9)
Nasional
Konfirmasi : 3.128 orang (190.665)
Sembuh : 2.220 orang (136.401)
Meninggal Dunia: 108 orang (7.940)
Provinsi Sumatera Utara
Konfirmasi : 162 orang (7.552)
Sembuh : 113 orang (4.450)
Meninggal Dunia : 6 orang (333)
Kabupaten Samosir
Suspek : Nihil
Konfirmasi : Nihil
Sembuh : 1 orang
Meninggal Dunia : 1 orang