KPU Medan Cek Keabsahan Ijasah Bobby Nasution ke SMA 9 Bandar Lampung


Foto/Dok
Lampung,DP News 
Sejumlah anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan, Sumatera Utara mendatangi sekolah SMAN 9 Bandarlampung,Rabu (9/9/). Kedatangan Komisioner KPU Kota Medan tersebut, melakukan pengecekan mengenai keabsahan Ijazah Bakal calon Walikota MedanBobby Nasution yang merupakan menantu Presiden Joko Widodo.Pengecekan keabsahan ijazah Bobby merupakan sebagai salah satu syarat pencalonan dalam kontestasi Pilkada serentak 2020.
"Jadi kedatangan kami ke sini (SMAN 9 Bandarlampung) ini, untuk klarifikasi mengenai dokumen Ijazah yang disampaikan Bakal calon (Balon) Walikota Medan, Bobby Afif Nasution sebagai syarat pencalonannya maju di Pilkada di Kota Medan," ujar Komisioner KPU Kota Medan bagian Divisi Hukum dan Pengawasan Zefrizal, Rabu (9/9).
Dikatakannya, sebelum melakukan kunjungan ke Kota Bandarlampung, pihaknya sudah memverifikasi ijazah Bobby Nasution tersebut. Namun, kata dia, keabsahan Ijazah tersebut tentunya harus dibuktikan juga kebenarannya secara langsung oleh KPU dengan mendatangi sekolah.
"Untuk verifikasi adminisnya sudah dilakukan. Sekarang ini kita cek langsung datang ke sekolahnya, karena berdasarkan syarat pencalonannya Ijazah Bobby Afif Nasution lulusan dari sekolah SMAN 9 Bandarlampung ini,"ungkapnya.
Zefrizal mengutarakan bahwa pemeriksaan legalisasi ijazah melalui klarifikasi ke SMAN 9 Bandarlampung berlangsung dengan baik. Selanjutnya, hasil klarifikasi mengenai keabsahan Ijazah Bobby Afif Nasution tersebut akan ia bawa ke dalam rapat pleno KPU Kota Medan.
"Ya tadi kami sudah klarifikasi kepada pihak sekolah menanyakan kebenarannya, untuk hasilnya nanti akan kami bawa dalam pleno begitu juga mengenai hasilnya seperti apa akan dibahas saat rapat pleno nanti,"terangnya.
Dia menegaskan bahwa pengecekan bukan berarti ada masalah terkait ijazah Bobby. Pengecekan ke sekolah di Lampung hanya merupakan langkah yang wajib dilakukan KPU.
"Semuanya juga pasti sama, ada juga yang mengecek Ijazah bakal calon yang lain di Jakarta karena calon tersebut punya riwayat pendidikannya di daerah tersebut. Yang jelas, hasil klarifikasi kami tadi akan kami bawa ke pleno KPU Kota Medan," pungkasnya.
Bobby Nasution yang merupakan suami dari putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu maju sebagai bakal calon Walikota Medan berpasangan dengan Aulia Rachman yang diusung PDI Perjuangan, Golkar, Gerindra, PAN, NasDem, PPP, Hanura dan PSI.
Pria kelahiran Medan 5 Juli 1991 tersebut, sempat menghabiskan masa-masa kecilnya di Kota Bandarlampung, Provinsi Lampung. Bobby, sebelumnya sekolah di SMPN 22 Bandarlampung dan lulus tahun 2006. Kemudian, Boby juga melanjutkan pendidikan sekolahnya di SMAN 9 Bandarlampung dan lulus tahun 2009.(Rd/CNNIndonesia)