BNN Sumut Canangkan Kelurahan Polonia 'Bersibar'

Medan,DP News      

Pemko Medan sambut baik dan pencanangan Kelurahan Bersih Narkoba (Bersinar) Kota Medan Tahun 2020 di Kelurahan Polonia, Kecamatan Medan Polonia. Pencanangan Kelurahan Bersinar ini merupakan salah satu upaya untuk memerangi peredaran dan penyalahgunaan narkotika dan obat terlarang lainnya. Dengan hadirnya Kelurahan Bersinar ini diharapkan dapat memberantas penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di Kota Medan khususnya di Kelurahan Polonia.

Dukungan tersebut disampaikan Penjabat sementara (Pjs) Wali Kota Medan Ir Arief Sudarto Trinugroho MT diwakili Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Medan Sulaiman Harahap saat turut meresmikan Pencanangan Kelurahan Bersih Narkoba (Bersinar) Kota Medan Tahun 2020 bersama Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumatera Utara di Jalan Balai Desa Kelurahan Polonia Kecamatan Medan Polonia, Kamis (12/11).

Pencanangan Kelurahan Bersinar di Kelurahan Polonia yang diinisiasi Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sumatera Utara ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Kepala BNN Prov. Sumut Brigjen Pol. Drs. Atrial, SH MH dan dihadiri segenap unsur Forkopimda Medan ini.

Dalam sambutannya, Kaban Kesbangpol Kota Medan menyampaikan Pencanangan Kelurahan Bersinar ini merupakan usaha yang strategis dalam upaya mengurangi dan menghilangkan titik rawan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di Medan. "Melalui pencanangan ini kita berharap Kelurahan Polonia dapat bebas dari pengaruh buruk narkoba dan barang-barang terlarang lainnya," kata Sulaiman.

Selanjutnya, Sulaiman menyampaikan pencanangan ini tentunya akan ditindaklanjuti dengan berbagai aksi lain sehingga Kelurahan Polonia ini benar-benar bersih dari narkoba. “Kepala Lurah maupun Camat diharapkan senantiasa berkoordinasi dengan BNN Sumut agar program Bersinar ini dapat berjalan dengan baik,” ucapnya. 

Selain pencanangan, acara tersebut juga diisi dengan pelantikan Satgas Anti Narkoba Kelurahan Polonia oleh Kaban Kesbangpol Kota Medan serta peresmian Posko Anti Narkoba. Sebelum melantik Satgas Anti Narkoba Kelurahan Polonia, Kaban Kesbangpol Kota Medan terlebih dahulu membacakan naskah pelantikan.

Dalam naskah pelantikan itu, Sulaiman menyampaikan harapannya agar satgas bisa menjalankan tugas dan memenuhi tanggung jawab yang diemban. Diharapkannya pula, satgas dapat menjadi teladan bagi lingkungannya untuk hidup 100 persen sadar, sehat, produktif, dan bahagia tanpa narkoba. 

Sementara itu, sebelum melakukan pencanangan, Kepala BNN Prov. Sumut Brigjen Pol. Drs. Atrial, SH MH mengemukakan, hasil penelitian terakhir, menyebutkan Sumatera Utara merupakan provinsi dengan prevalensi penyalahgunaan narkoba tertinggi di Indonesia. "Pencanangan Kelurahan Bersinar ini dilakukan di kawasan-kawasan yang dinilai rawan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba. Selain itu, pencanangan ini juga tentunya akan diikuti dengan berbagai aksi, di antaranya pemberdayaan masyarakat sekitar," ungkapnya.(hot/Rd)