Pertamakali Dalam Sejarah USU: Dekan Fisipol Dr Muryanto Amin Menjadi Rektor USU

Medan,DP News 

Pertamakali dalam sejarah USU,Dekan FISIP Universitas Sumatera Utara (USU) Dr Muryanto Amin terpilih menjadi Rektor USU periode 2021-2026.Muryanto Amin yang doktor di bidang politik itu akan menggantikan Prof Runtung Sitepu.

Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi pun mengungkapkan selamat atas terpilihnya Muryanto.

"Muryanto ya, selamat. Sebenarnya saya ikut diundang ke sana, tapi begitu padatnya acara di sini, saya diwakilkan oleh Bu Sekda," kata Edy di Medan, Kamis (3/12)

Edy yakin Muryanto dapat membawa USU menjadi lebih baik. Dia mengatakan pemilihan sudah dilakukan secara objektif.

Dengan dipilih secara objektif, diawali dengan pemilihan di sini, dibawa ke sana, itu mungkin yang terbaik," ucapnya.

Dia berpesan agar Muryanto dapat bersinergi dengan Pemprov Sumut. Menurutnya, hal terpenting yang harus dilakukan oleh Muryanto adalah bersinergi.

"Jadi, sehebat apa pun Muryanto, sehebat apa pun dia, kalau dia tidak bisa bersinergi bekerja sama dengan wilayah, dia tidak bisa mendidik dengan baik," tutur Edy.

Penyaringan Rektor USU Sisakan 3 Nama, Calon yang Pengurus Golkar Tersingkir

Edy berharap Muryanto membuat proses pendidikan di USU lebih baik. Jika tidak, kata Edy, masa depan Sumut akan gagal.

"Gagalnya mereka mendidik anak-anak kita sebagai masa depan di Sumatera Utara ini, maka gagal juga Sumatera Utara," jelasnya.

Muryanto sendiri terpilih usai mengalahkan dua calon rektor lainnya yakni Prof Farhat dan Prof Arif Nasution. Muryanto meraih 18 suara atau 57,75% dari total suara yang ada.

Edy yakin Muryanto dapat membawa USU menjadi lebih baik. Dia mengatakan pemilihan sudah dilakukan secara objektif.

Keterangan dihimpun,Muryanto Amin merupakan alumni Fisipol USU dan menjadi dosen di fakultas tersebut.Kemudian menempuh pendidikan pasca sarjana dan doktor di UI.Kemudian terpilih menjadi Dekan Fisipol USU yang selanjutnya ikut dalam pemilihan Rektor USU.(detikNews/DP News/Rd)