Gubsu dan Wagubsu: SMSI Berkontribusi Nyata Bagi Kemajuan Sumut

Medan,DP News

Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi dan Wagubsu Musa Rajekshah mengakui Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sumut memberi kontribusi nyata bagi diseminasi informasi di daerah ini.

"Bapak Gubsu maupun Wagubsu saya garansi penuh komit bahwa media merupakan elemen strategis bagi kemajuan Sumut, termasuk media siber jajaran SMSI," ujar Kadis Kominfo Sumut H Irman, Rabu (10/2).

Memberi arahan mewakili Gubsu pada Rapat Pleno I 2021 Pengurus SMSI Sumut sekaligus Syukuran Hari Pers Nasional (HPN) Pengurus SMSI Sumut 2021 di aula salah satu restoran di Medan, Irman mengapresiasi kontribusi seluruh anggota organisasi siber konstituen Dewan Pers ini.

Dikemukakannya Gubsu dalam memimpin propinsi ini selalu membuka diri untuk menerima segala aspirasi membangun, sehingga media termasuk siber berada pada posisi terdepan dalam diseminasi arus aspirasi itu, baik secara internal maupun ekaternal.

"Selama ini diakui peran media siber anggota SMSI yang hampir 100 media sangat berpengaruh bagi lancarnya diseminasi itu, baik di bidang pembangunan, kemasyarakatan, juga pada masa penanggulangan pandemi Covid 19," ujar mantan Kepala Bappeda dan Kepala Balitbang Sumut ini.

Hadir pada kesempatan ini seluruh pengurus SMSI Sumut hasil Reshuffle II beserta unsur Penasihat yakni Edward (Edu) Thahir (waspada.id), Drs Khairul Muslim (membaranews.com), Austin Tumengkol (waspada.co.id), Rony Purba (Topmetronews). Tiga penasihat lainnya berhalangan namun memberi support yakni H Hermansjah SE (analisadaily.com), H Machsin SH (orbitdigitaldaily) dan Mery Amelia Prasetyo MAP (mediasumutku.com).

Pada Pleno ini juga diumumkan SK SMSI Pusat tentang Reshuffle II Kepengurusan SMSI Sumut yakni Ketua Ir Zulfikar Tanjung (mimbarumum.co.id dan intipos.com), para Ketua Bidang Ariadi (inimedan.com), Drs H Agus S Lubis (realitasonline) dan Irma Youni (lintasmedan.com), Sekretaris Erris Julieta Napitupulu (topmetronews), Bendahara Irwansyah SH (intipos.com) dan Wakil Bendahara Daniel Gultom (mediaapakabar).

Pengurus seksi-seksi yaitu Iwan Manalu (metrorakyat), Diurnanta (okemedan), Nico Adrian (lintasmedan), Ayu Kusumaningtyas (realitasonline), Hafnida Dalimunthe (tobasatu), Rizal Gultom (topmetronews), Puji Santoso (mediasumutku), Agus Utama (waspada.co.id), Tania Depari (asaparua), Budi (mediasumutku), Dudy (orbitdigitaldaily), Liliek Riady (topmetronews), Riana SH MHum (medanbisnisdaily), Irwan Ginting SH (topmetronews) dan Rizaldi Anwar (waspada.id), Waliyono( kliksumut.com) bidang organisasi.

Penasihat SMSI Sumut Edward (Edu) Thahir dan Drs Khairul Muslim yang juga Deklarator SMSI Sumut pada kesempatan ini memberikan pandangan bahwa SMSI Sumut sudah memberikan kinerja baik namun banyak juga hal yang masih perlu ditingkatkan.

Ketua SMSI Sumut Ir Zulfikar Tanjung mengakui banyak hal yang harus dioptimalkan sehingga melalui Rapat Pleno ini dia mengajak segenap pengurus semakin solid. SMSI Sumut terus berupaya meningkatkan kinerja organisasi.

Lebih lanjut Kadis Kominfo mewakili Gubsu berharap SMSI terus memberikan kontribusi bagi pemerintah propinsi dan masyarakat Sumut khususnya dalam diseminasi informasi digital yang saat ini sudah menjadi trend umum. 

"Dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat, diseminasi dapat digunakan dalam berbagai bidang sebagai penyampaian informasi instansi atau lembaga terkait misalkan dalam bidang sektor pertanian, bidang perekonomian dan lain sebagainya," ujarnya.

Adanya respon atau timbal balik dari penikmat informasi terhadap materi yang disebarluaskan oleh diseminasi informasi anggota SMSI lanjutnya merupakan tujuan utama dari penyebarluasan informasi yang disampaikan pemerintah. 

Dia berharap dalam penyampain diseminasi informasi harus inovatif, interaktif, dan dapat mempengaruhi pola pikir dan tindakan publik, termasuk orang yang membawa inovasi itu sendiri, namun tetap secara profesional dan kompeten sebagaimana posisi terhormat SMSI selaku konstituen Dewan Pers media siber.(rd)