Masa Jabatan H Surya Berakhir: Jhon Hardi Nasution,Plh Bupati Asahan

Asahan,DP News

Sekretaris Daerah (Sekda) Asahan, Jhon Hardi Nasution, resmi menjabat Pelaksana Harian (Plh) Bupati Asahan, Sumatera Utara, menggantikan H Surya. Diketahui, jabatan H Surya sebagai Bupati Asahan berakhir kemarin (17/8).

"Iya, terhitung mulai hari ini, (Kamis 18 Februari 2021) Plh Bupati dijabat Pak Sekda," kata Rahmad Hidayat Siregar, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Asahan, kepada wartawan, Kamis (18/2) sebagaimana dikutip dari detik.com.

Jhon Hardi akan menjabat Plh Bupati Asahan yang penunjukannya berdasarkan SK Gubernur Sumatera Utara sampai ditetapkannya Bupati Asahan definitif dilantik.

H Surya sendiri merupakan Wakil Bupati Asahan yang pada 2015 dilantik bersama Taufan Gama Simatupang pada 17 Februari 2016 oleh Plt Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi.

Selama menjabat, Bupati Taufan Gama sakit dan meninggal dunia pada 22 April 2019. Posisinya kemudian diisi wakilnya, H Surya, yang naik menjadi Bupati Asahan lalu dilantik pada 20 September 2019.

Pada Pilkada Serentak 9 Desember 2020, Surya ikut dalam pemilihan calon Bupati dan calon Wakil Bupati Asahan bersama Taufik Zainal Abidin dan berhasil mendapatkan suara terbanyak, meski sebelumnya rival pesaing mereka, Nurhajizah-Henri Siregar, melayangkan gugatan ke MK walau akhirnya gugatan tersebut tidak diterima.

Sebagaimana diketahui,14 kepala daerah di Sumut berakhir masa jabatannya 17 Februari lalu dan untuk mengisi kekosongan dihunjuk Sekda kabupaten/kota sebagai Plh(Pelaksana Harian).

Sampai saat ini,belum ada satupun kepala daerah/wakil kepala daerah hasil Pilkada Serentak 2020 di Sumut yang dilantik karena diantaranya ada yang digugat di Mahkamah Konstitusi.(detik.com/rd).