Simanjuntak 'Anak Medan' Gantikan Sormin Sebagai Kapoldasu: 3 Mantan Kapoldasu Menjadi Kabareskrim,Kabaintelkam dan Koorsahli...

Jakarta,DP News

Perombakan atau mutasi besar-besaran segera dilaksanakan di jajaran Pejabat Tinggi Kepolisian Republik Indonesia (Polri) baik di tingkat kepala badan dan setingkat Kapolda.Salah satunya Irjen Panca Putra Simanjuntak ditunjuk sebagai Kapolda Sumatera Utara (Sumut) menggantikan Irjen Martuani Sormin.

Pergeseran posisi Kapolda Sumut tersebut tertuang dalam telegram rahasia (STR) yang dikeluarkan Kapolri dengan nomor ST/318/II/KEP/2021 yang diterima wartawan, Kamis (18/2).

"Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak Kapolda Sulut diangkat dalam jabatan baru sebagai Kapolda Sumut," bunyi petikan surat telegram tersebut.

Sementara itu Irjen Martuani Sormin yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Sumut akan diangkat pada jabatan baru sebagai Koorsahli Kapolri.

Penunjukan Irjen Panca Putra sebagai Kapolda Sumut bukanlah orang baru, pasalnya dia merupakan merupakan kelahiran Medan tahun 1969.

Sebelum menjabat Kapolda Sulut, Panca Putra diketahui menjabat sebagai Direktur Penyidikan di KPK. Sederet prestasi telah ditorehkan Panca selama bertugas di KPK.

Usai ditarik dari KPK saat itu Panca ditarik ke Polri untuk dipromosikan untuk menjadi Widyaiswara Utama Tingkat I Sespim Lemdiklat Polri.

Selama di KPK, Brigjen Panca juga sempat mengemban 'double job desk' atau dua tugas. Dua tugas itu adalah Direktur Penyidikan KPK dan Plt Deputi Penindakan KPK sejak 19 Juni 2019 hingga April 2020.

Meski mengemban dua tugas, Brigjen Panca mampu menyelesaikan penanganan kasus-kasus besar di KPK.

3 Mantan Kapoldasu

Sementara itu,Komisaris Jenderal Agus Andrianto yang Kabaharkam mantan Kapoldasu diangkat sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri yang baru.

Keputusan itu tertuang dalam surat telegram nomor ST/318/II/KEP./2021 tertanggal 18 Februari yang ditandatangani oleh Asisten Kapolri bidang SDM, Inspektur Jenderal Sutrisno Yudhi Hermawan atas nama Kapolri. Kadiv Humas Polri, Inspektur Jenderal Argo Yuwono juga membenarkan telegram itu.

"Benar," kata Argo melalui pesan singkat saat dikonfirmasi, Kamis (18/2).

Agus sebelumnya menjabat Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri. Posisi Kabaharkam kini bakal diemban oleh Komisaris Jenderal Arief Sulistyanto yang dulu merupakan Kalemdiklat Polri.

Agus lulusan Akpol 1989. Ia berpengalaman di bidang reserse. Pria kelahiran Blora, Jawa Tengah 16 Februari 1967 itu sudah menempati sejumlah posisi di Korps Bhayangkara.

Dihimpun dari berbagai sumber, Agus mengawali karir di Polres Dairi, Sumatera Utara pada 1990. Ia malang melintang di kepolisian wilayah Pulau Sumatera, mulai dari Kapolsek Sumbul, Kapuskodalops Polres Lampung Selatan hingga Kasat Serse Poltabes Medan.

Agus juga pernah menjadi Wakapolda Sumatera Utara. Setahun kemudian, ia menjabat Kapolda Sumatera Utara. Agus lantas ditunjuk sebagai Kabaharkam Polri menggantikan Komjen Firli Bahuri yang terpilih sebagai Ketua KPK.

Di pihak lain,Irjen Paulus Waterpauw yang kini Kapolda Papua dan mantan Kapoldasu diangkat menjadi Kabaintelkam Mabes Polri dan Irjen Martuani Sormin,yang kini menjabat Kapoldasu diangkat sebagai Koorsahli Mabes Polri.(indozone/CNNIndonesia/rd).