Gubsu Apresiasi Musrenbang Samosir: Vandiko dan Martua Didaulat Ikut Serahkan Cinderamata...

Samosir,DP News

Gubsu Edy Rahmayadi diwakili Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Provinsi Sumatera Utara Ir Bambang Pardede, M. Eng apresiasi Musrenbang penyusunan RKPD Kabupaten Samosir Tahun 2022 yang merupakan proses perencanaan pembangunan yang dilaksanakan di daerah dalam memenuhi Amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional.

Gubsu juga menegaskan bahwa RKPD mempunyai kedudukan, peran dan fungsi yang sangat strategis dalam penyelenggaraan pemerintah daerah yang secara formal menjadi landasan penyusunan kebijakan umum APBD, dan secara faktual menjadi alat ukur /instrumen evaluasi untuk mengukur capaian kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah.

“Secara kewilayahan arah kebijakan pembangunan pembangunan wilayah Sumatera Utara ditujukan untuk mempercepat pemulihan dampak pandemi Covid-19,melanjutkan transformasi sosial ekonomi untuk meningkatkan rantai produksi dan rantai nilai daerah, mengoptimalkan keunggulan kompetitif wilayah dan dan meningkatkan pemerataan kualitas hidup antar wilayah"ujarnya.

Musrenbang ini diharapkan dapat merumuskan program yang lebih konstruktif dalam mengatasi permasalahan demi peningkatan kesejahteraan masyarakat menuju Sumatera Utara yang Maju, Aman dan Bermartabat.

Sementara itu,Plh Bupati Samosir menjelaskan bahwa dalam rangka percepatan visi RPJPD Samosir Tahun 2005-2025 yaitu Samosir menjadi daerah tujuan wisata internasional 2025.Pembangunan sektor pariwisata, pertanian dan UMKM diprioritaskan pada Tahun 2022, dalam rangka pemulihan perekonomian masyarakat akibat dampak pandemi Covid-19.

Musrenbang RKPD Kabupaten Samosir Tahun 2022 juga dihadiri Bupati/Wakil Bupati Samosir Terpilih Periode 2021-2024 Vandiko Timoteus Gultom dan Martua Sitanggang,Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur Kementerian PUPR, Pimpinan dan Anggota DPRD Samosir, FKPD Kabupaten Samosir,para Bupati se-Kawasan Danau Toba, Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Medan Kementerian PUPR, Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera II, Kepala Badan Otorita Pengelola Kawasan Danau Toba, Manager Geopark Kaldera Toba, Kepala Balai Perumahan Provinsi Sumatera Utara, Kepala Bappeda Provinsi Sumut dan lainnya.

Didaulat

Sementara itu,saat sesi penyerahan cinderamata kepada para pejabat dari provinsi maupun pusat,Bupati/Wakil Bupati Terpilih Vandiko dan Martua didaulat ikut menyerahkan cinderamata tersebut.

Bersama Plh  Bupati Samosir Jabiat Sagala dan unsur Forkopimda Samosir,Vandiko dan Martua menyerahkan cinderamata berupa selempang dan bingkisan.(ML/rd)


.