Tentang Lelang Terbuka,Bobby: Untuk Mencari Pejabat Terbaik

Medan,DP News

Walikota Medan M Bobby Afif Nasution mengatakan lelang terbuka pejabat di jajaran Pemko Medan untuk mencari yang terbaik.

"Kita sudah bilang untuk mencari pejabat yang terbaik" ujar Bobby singkat saat ditanyai Wartawan DP News tentang lelang terbuka pejabat eselon III dan lurah di Kota Medan,Senin(29/3) di Gedung DPRD Medan.

Bobby bersama Wakil Walikota Aulia Rahman dan Sekda Medan Wiriya Alrahman hadir di gedung dewan untuk menyampaikan LKPj TA 2020.

Dengan ramah Bobby menjawab pertanyaan wartawan termasuk tentang rekomendasi Pansus Covid-19 walau dengan pengawalan berpakaian safari di gedung dewan yang mengatakan wawancara sudah cukup.

Menurut Bobby masukan dari Pansus dijadikan sebagai bahan memperbaiki penanganan Covid-19.

Sebagaimana diberitakan, 30 hari M Bobby Afif Nasution menjabat Walikota Medan buat terobosan baru dimana pengisian jabatan Eselon III setingkat Kabag,Sektetaris Dinas, Kpela Bidant,Camat dan Sekcam beserta lurah sistem lelang secara terbuka atau melalui ujian seleksi.

Kebijakan yang ditunggu tunggu para ASN ini dengan penerimaan secara terbuka untuk 47 eselon III dan 24 lurah yang kosong sekarang ini.

Dalam laman website Badan Kepegawaian  dan Pengembangan Sumber Daya Manusia( BKPDDM) Kota Medan lelang jabatan ini sudah diumumkan secara rinci nama jabatan dan instansinya baik untuk eselon III maupun lurah.

Pengumuman seleksi jabatan yang kosong ini ditandatangani Ketua Tim Ir Wiriya Al Rahman,MSi tertanggal 26 Maret 2021.

Untuk konfirmasi pengumuman tersebut dicoba menghubungi Kadis Kominfo Kota Medan Noval yang menganjurkan menghubungi langsung Kepala BKPDDM Kota Medan Muslim Harahap.

Saat dikonfirmasi,Muslim dengan singkat mengatakan silahkan buka di web.

Informasi dihimpun,dengan diumumkannya seleksi terbuka ini disambut hangat para PNS yang sudah sesuai dengan kriteria golongan dan usia 33-53 tahun.Ini baru pertama kali untuk eselon III dan lurah dilelang terbuka..

"Kalau mau Kabag Hukum maka harus persiapkan makalah hukum dan kalau mau Lurah X misalnya maka si pelamar harus persiapkan makalah tentang kelurahan tersebut"ujar salah seorang yang menyatakan minat lelang jabatan tersebut.

Sebagaimana dimumkan dalam website bkd.pemkomedan.go.id bahwa penyerahan berkas 29-31 Maret dan 1 April pengumuman lulus berkas.Kemudian bila lolos administrasi disusul paparan dan psikotest tanggal 5-7 April.

Secara khusus pelamar harus bebas Narkoba dan obat obat terlarang dan lelang ini bebas biaya atau tidak pengutipan biaya.

Pengumuman ditandatangani Sekda Medan selaku Ketua Tim Penilai Kinerja Seleksi Terbuka Jabatan Administrator Pemko Medan Ir Wiriya Alrahman,MM.

Sekedar diketahui,untuk jabatan eselon II sudah beberapa kali dilaksanakan dan terakhir untuk Kadis Pemuda dan Olahraga,Kadis PMPTSP,Sekwan DPRD Medan, Kabalitbang dan Asisten Pemerintahan dan Sosial.Saat ini masih di jabat Plt Kadis sehingga nasib kelima eselon II tersebut masih mengambang padahal sudah lebih setengah tahun kosong.(rd)