Simulasi dan Sosialisasi Pencegahan Kebakaran,Wong Chun Sen: Sosper Damkar Antonius Patut Diapresiasi....

Medan,DP News

Anggota Pansus LKPj Walikota TA 2020 Wong Chun Sen dukung program sosialisasi dan simulasi pencegahan dan pemadaman kebakaran kepada masyarakat.Selain itu, pelatihan para relawan perlu digalakkan sehingga bisa membantu penanganan kebakaran sebelum petugas dan armada pemadam kebakaran Dinas P2K tiba di lokasi.

Wong mengaku, selama ini masyarakat kebingungan ketika terjadi kebakaran, dimulai dari percikan api kecil yang akhirnya membesar ketika masyarakat sekitar tidak mampu mengendalikan atau memadamkan api tersebut.

Wong Chun Sen sekaligus mengapresiasi simulasi dan sosialisai pencegahan dan pemadam kebakaran yang diperagakan petugas Dinas P2K saat Sosper anggota DPRD Medan Antonius Devolis Tumanggor akhir Maret lalu. 

Hal itu disampaikan Wong Chun Sen dal Rapat Pembahasan LKPj ( Laporan Keuangan dan Pertanggungjawaban Walikota TA 2020,Selasa(13/4) di Ruang BANGGAR DPRDMedan.

Dewan mengapresiasi pelaksanaan Sosialisasi Perda yang dilakukan oleh anggota DPRD kota Medan, Antonius Devolis Tumanggor,S.Sos yang mengundang sebagai nara sumber petugas Damkar Kota Medan baru-baru ini.

Rapat Pansus LKPj dipimpin ketuanya Roby Barus yang dihadiri anggota lainnya Dame Duma Sari dari Fraksi Gerindra, Deddy Aksyari, Renville Napitupulu,Daniel Pinem dan Antonius Tumanggor

"Kalaulah boleh difasilitasi, kami anggota DPRD Kota Medan ada 50 orang dari dapil 1 sampai 5. Perlulah masing-masing masyarakat kami juga diberikan pengetahuan lewat sosialisasi cara pengendalian dan penanganan jika terjadi kebakaran,"ujar Wong kepada Kadis Damkar Alboin Sidauruk.

Sementara itu,Alboin Sidauruk mengaku saat ini Dinas P2K sudah mengusulkan penambahan UPT Damkar di 3 lokasi agar dapat cepat ke lokasi kebakaran.

"Selain itu, Damkar kota Medan juga sudah ada aplikasi untuk mengetahui lokasi terjadi kebakaran dengan cepat, dan memastikan mobil pemadam kebakaran tiba dilokasi kebakaran dengan tepat dan cepat.

Untuk sosialisasi nengenai cara penanganan dan pemadaman api saat terjadi kebakaran, Alboin mengaku sedang membentuk relawan-relawan yang terlatih untuk memberikan pelatihan dan pendampingan sosialisasi penanganan pemadam kebakaran.

Sementara itu,Antonius yang berasal dari Dapil 1 dan duduk di Komisi 4 mengatakan peragaan penanganan api yang dilakukan petugas Dinas P2K sangat membantu warga.Coba kita lihat saat Sosper,para ibu rumah tangga yang hadir merasa lega dan terbantu dengan cara cara yang diperagakan petugas Damkar.Ibu ibu pun ikut mempraktekkan dan berhasil memadamkan api,ujar Antonius yang juga Sekretaris DPD IPK Sumut itu.(rd)