Doa dan Dzikir Bersama Sambut Malam Pergantian Tahun 2020


Medan ,DP News           
Dalam rangka menyambut malam pergantian tahun, Pemko Medan  kembali akan menggelar Doa dan Dzikir bersama di Lapangan Merdeka Medan, Selasa (31/12) . Kegiatan ini digelar sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT, sebab sepanjang tahun 2019, Kota Medan aman dan kondusif  serta terhindar dari berbagai bencana.
Demikian terungkap dalam Rapat Persiapan Pelaksanaan Kegiatan Pergantian Tahun 2019-2020 di Balai Kota Medan, Kamis (19/12). Rapat dipimpin Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi diwakili Asisten Pemerintahan (Aspem) Musadad Nasution dihadiri perwakilan dari sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) terkait.
Selain dzikir dan doa bersama, malam pergantian tahun 2019 menjadi 2020 juga akan dirangkaikan dengan sejumlah kegiatan lainnya, seperti bazar kuliner, tarian multi etnis  serta pertunjukan music dengan menampilkan Sandwich, Saka Motion Band, Albi D’Academy serta Intan Baiduri D’Academy.
Di hadapan perwakilan OPD terkait, diantaranya Dinas Pariwisata, Satpol PP, Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP), Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Dinas Kominfo, Dinas Pencegah dan Pemadam Kebakaran (P2K) serta perwakilan BKD&PSDM dan Kecamatan Medan Barat, Musadad seluruh OPD terkait dapat saling berkoordinasi serta menjalankan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) dengan sebaik-baiknya.
“Dengan koordinasi dan sinergitas yang baik diantara OPD terkait, Bapak Plt Wali Kota berharap agar perayaan malam pergantian tahun  dapat berjalan lancar dan masyarakat pun dapat menikmatinya dengan tenang dan nyaman,” kata Musaddad.
Untuk itu, tegas Musaddad, para OPD yang telah menerima uraian tugas dapat melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab. Jika pun ada kendala, segera dikoordinasikan sehingga Dzikir dan Doa Bersama serta rangkaian hiburan yang digelar untuk warga Kota Medan dapat berjalan dengan lancar seperti yang diharapkan.
“Selain sebagai ungkapan rasa syukur dengan menggelar Dzikir dan Doa Bersama, kita juga ingin memberikan hiburan yang menarik bagi masyarakat dalam menyambut malam pergantian tahun bersama anggota keluarganya. Jadi, ini menjadi tanggung jawab kita semua untuk mensukseskannya,” ungkapnya.
Kepada DKP, Musadad menginstruksikan agar mempersiapkan petugas kebersihan dan tempat sampah agar lokasi acara tetap bersih serta toilet umum. Kemudian, Satpol PP Kota Medan diminta siaga dan berkoordinasi dengan aparat TNI dan Polri untuk menjaga keamanan lokasi, sehingga pelaksanaan Dzikir dan Doa Bersama, serta pelaksanakan malam hiburan hingga malam pergantian tahun berjalan dengan aman dan lancar.
Selanjutnya kepada Dishub, Musaddad  minta agar menurunkan personel dengan kekuatan penuh, guna mengatur lalu-lintas sehingga masyarakat yang mengikuti Dzikir dan Doa Bersama serta menyaksikan malam pergantian tahun dapat merasa tenang dan nyaman saat menuju lokasi, termasuk ketika pulang. Dalam pengaturan lalulintas, Dishub diminta bersinergi dengan Satlantas Polrestabes Medan.
"Untuk Dinas Kominfo,  segera  persiapkan spanduk dan banner pemberitahuan di beberapa titik strategis terkait dengan pelaksanaan Dzikir dan Bersama, serta rangkaian kegiatan lainnya yang akan digelar  untuk menyambut malam pergantian tahun. Dengan demikian seluruh rangkaian kegiatan yang dilaksanakan sampai kepada masyarakat dan masyarakat pun beramai-ramai menghadirinya. Semoga kerja keras kita membuahkan hasil yang maksimal," harapnya.(Rd)