HPN 2020: Jokowi Singgung Peran Pers Sukseskan Pilkada 2020


Kalsel,DP News
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi peran pers dalam pelaksanaan Pemilu 2019 yang mendorong partisipasi masyarakat dan menjaga situasi bangsa tetap kondusif. Jokowi juga berharap pers berperan dalam Pilkada 2020.
"Saya juga mengapresiasi peran pers sebagai pilar demokrasi yang keempat dalam Pilpres 2019 yang diakui sebagai pemilu terbesar dan terumit di dunia, pers berperan besar dalam mendorong partisipasi masyarakat dan menjaga situasi bangsa tetap dalam keadaan kondusif," kata Jokowi dalam sambutan di Hari Pers Nasional 2020, di Kompleks Sekretariat Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Selatan, Jalan Aneka Tambang, Banjar Baru, Kalimantan Selatan, Sabtu (8/2).
Jokowi berharap peran besar media juga terjadi dalam Pilkada tahun 2020 ini.
"Saya berharap dalam pilkada tahun ini di 270 daerah dukungan pers bisa lebih dimaksimalkan lagi," katanya.
Selain itu, kata Jokowi, peran pers dibutuhkan dalam situasi kali ini yang tengah menghadapi ancaman wabah virus corona. Dia berharap media bisa memberikan informasi yang tidak menimbulkan ketakutan pada masyarakat.
"Begitu juga dengan menghadapi situasi yang tidak normal, seperti ancaman virus Corona saat ini. Peran pers juga sangat dibutuhkan untuk membantu menyampaikan informasi yang benar pada masyarakat, dan tidak menambah kepanikan. Apalagi ikut memberikan informasi yang salah," katanya.
Jokowi mengatakan negara sangat membutuhkan kehadiran pers dalam perspektif yang jernih melawan kekacauan informasi. Dia berpendapat bahwa masyarakat sehat adalah masyarakat yang diberikan informasi yang sehat dan baik.
"Memerangi hoaks, ujaran kebencian, dan semburan fitnah yang juga mengancam kehidupan demokrasi kita. Mewartakan berita baik dan agenda-agenda besar bangsa Indonesia. Membangkitkan semangat positif yang mendorong produktivitas dan optimisme bangsa," pungkasnya.(Rd/detik.com)