Afif Abdilah: Syukur...Semua WNI Diobservasi Natuna Sehat,Bantu Aktivitas Mereka...


Medan,DP News
Anggota DPRD Medan Afif Abdilah merasa bersyukur warga asal Medan dan WNI lainnya yang dipulangkan dari Wuhan Cina dan sempat dikarantina di Kepulauan Natuna dipastikan sehat
Dan salah seorang dintaranya orang Medan bernama Diza Lailia Barokah, seorang mahasiswi yang harus mengikuti proses observasi di Natuna, telah tiba di kampung halaman di Kota Medan. Diza sudah diperbolehkan pulang ke rumah orang tuanya karena dinyatakan sehat.
“Kita semua ikut bersyukur. Kemarin, Alhamdulillah mereka dinyatakan sehat,” ungkap anggota DPRD Medan Afif Abdillah kepada wartawan di Medan,Sabtu (15/2).
“Kalau sudah dinyatakan sehat maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan oleh masyarakat. Kita harus mendukung dan membantu mereka untuk bisa kembali beraktivitas dengan baik dalam masyarakat sehari-hari. Mereka juga adalah saudara kita, tanggung jawab kita, karena bagian dari kita,” tukas Afif Abdillah.
Menurut Afif Abdillah, ke depan kita minta selama virus corona belum ditemukan vaksinnya yang benar-benar efektif, Dinas Kesehatan kita minta terus mensosialisasikan secara jelas bagaimana gejala terpapar virus corona, antisipasi dan pncegahannya.
“Juga diberitahu ke masyarakat tahapan-tahan karantina yang sesuai standarisasi World Health Organization [WHO] sehingga masyarakat tidak takut kalaupun dikarantina, agar bisa ditangani secara intensif dengan prinsip penuh kehati-hatian,” jelas Afif Abdillah anggota DPRD Medan yang juga Ketua DPD Partai Nasdem Medan.
Jika masyarakat benar-benar memahami tentang virus corona dengan benar, lanjut Afif, apabila memiliki gejalanya tidak perlu takut untuk melaporkan ke Puskesmas terdekat. Dengan demikian yang bersangkutan bisa mendapatkan perawatan terbaik dengan cepat dan tepat.
Diza Lailia Barokah, seorang mahasiswi yang harus mengikuti proses observasi di Natuna, telah tiba di kampung halaman di Kota Medan. Diza sudah diperbolehkan pulang ke rumah orang tuanya karena dinyatakan sehat.
Diza adalah satu dari tiga orang warga Sumut yang diobservasi di Natuna setelah kembali dari Wuhan. Ia memutuskan kembali ke Medan, sedangkan dua orang lainnya tinggal di rumah keluarganya di Jakarta.
Diza tiba di Bandara Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, pada Sabtu (15/2) sekitar pukul 23.30 WIB. Kedatangan Diza disambut Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara Alwi Mujahit Hasibuan.
Alwi Mujahit memastikan Diza tiba di Medan dalam keadaan sehat. Menurutnya, tidak akan ada pengawasan kesehatan yang dilakukan lagi terhadap Diza selama berada di Medan.
"Diza sehat. Sudah ada surat keterangan sehat dari Kementerian Kesehatan bahwa yang bersangkutan sehat. Jadi tidak perlu lagi diawasi," ujar Alwi saat dihubungi, Minggu (16/2).
Sebelumnya diberitakan, 238 warga negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Wuhan, China, akhirnya pulang ke kampung masing-masing. Ratusan WNI itu pulang kampung setelah diobservasi di Natuna, Kepulauan Riau, selama dua minggu.
Sebanyak 238 WNI itu pulang kampung pada Sabtu (15/2) kemarin. Sebelum kembali ke kampung masing-masing, mereka terlebih dulu dibawa ke Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, dari Lanud Raden Sadjad, Natuna.
Ratusan WNI itu sebelumnya diobservasi di Natuna setelah dievakuasi dari Wuhan pada 2 Februari 2020 karena wabah virus Corona. Mereka diobservasi selama 14 hari. Proses observasi dilakukan sesuai dengan standar World Health Organization (WHO).(Rd/detikcom)