Kita Sambut... Pekan Depan,Raja dan Ratu Bakal Nikmati Indahnya Kaldera Danau Toba...


Jakarta,DP News
Raja Belanda Willem-Alexander akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia pada 9-13 Maret mendatang. Selain di Jakarta, Raja Willem-Alexander rencananya akan berkunjung ke sejumlah tempat, yaitu Yogyakarta, Palangkaraya, dan Danau Toba.
"Raja Willem-Alexander akan diterima oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 10 Maret 2020," seperti dikutip dari keterangan tertulis Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), Sabtu (7/3).
Raja Willem-Alexander akan didampingi Ratu Maxima, tiga menteri, dan hampir 200 pengusaha. Dikutip dari Kompas.com,menurut Kemenlu, kunjungan kenegaraan terakhir Raja Belanda dilakukan pada tahun 1995 oleh Ratu Beatrix.
Pada saat itu, Willem-Alexander turut mendampingi sebagai Putra Mahkota. Agenda kenegaraan disebutkan membahas kerja sama bilateral di bidang ekonomi dan peningkatan sumber daya manusia (SDM).
Pemerintah Indonesia berharap kerja sama dengan Belanda yang sudah terjalin selama ini terus berlanjut. Melalui kunjungan ini, diharapkan terjalin berbagai kesepakatan bisnis, serta kesepakatan antar pemerintah di bidang kesehatan, pengelolaan air, produksi sawit yang berkelanjutan, serta peningkatan peran perempuan dalam perdamaian. Kemenlu menjelaskan, Belanda merupakan investor terbesar di Indonesia dari Eropa.
Selain itu, juga merupakan mitra dagang terbesar kedua di Eropa. Menurut Kemenlu, hubungan antara kedua negara terus menguat dan saling menguntungkan. "Joint Declaration on Comprehensive Partnership antara Presiden RI dan Perdana Menteri Belanda pada tahun 2013 telah memuat secara eksplisit pengakuan moral dan politis Pemerintah Belanda atas Proklamasi Kemerdekaan RI 17 Agustus 1945," tulis Kemenlu.
Sebagaimana diketahui,tahun 2019 lalu Presiden Jokowi sudah mengunjungi Danau dan Pulaau Samosir bahkan sempat menginap yang dilanjutkan perjalanannya ke Balige dan Humbahas.Saat itu,Jokowi meihat sejumlah proyek yng akan menunjang Danau Toba sebagai destinsi dunia dengan Kalderaa danau Tobanya.   (Rd/Kompas.com)