Waket DPRD Medan Ikhwan Ritonga Dorong Pemko Ambil Langkah Virus Corona

Medan,DP News
Wakil Ketua DPRD Kota Medan, H.Ikhwan Ritonga, SE.,MM mendorong Pemko Medan untuk terus melakukan langka-langkah dalam mengantisipasi penyebaran virus Corona (Covid-19) di Kota Medan.Terlebih  lagi dalam pencegahan virus Covid-19 tersebut di lingkungan kerja SKPD masing-masing. Selain itu, dalam mengantisipasi penyebaran Visur Corona (Covid-19) agar tidak lebih meluas lagi ditengah-tengah masyarakat Kota Medan, Pemko Medan diharapkan dapat menggerakkan seluruh perangkat kelurahan, mulai dari kepala Lingkungan, Kelurahan hingga Kecamatan di wilayah masing-masing untuk terus mensosialisasikan kepada masyarakat agar selalu menjaga kebersihan dan mencuci tangan dengan sabun atau Hand Sanitizer sebelum dan setelah melakukan aktivitas.
 ”Kita mendorong pemerintah Kota Medan, untuk lebih siaga dalam mencegah penyebaran virus Covid-19 yang telah menyebar masuk ke Kota Medan. Selain itu, Pemko Medan diharapkan juga agar terus melakukan penyemprotan Disinfektan seperti ke rumah-rumah Ibadah, Sekolah-Sekolah, perkantoran baik milik pemerintah dan swasta, rumah-rumah penduduk, temasuk tempat-tempat lokasi keramaian dan mall karena dengan begitu, diharapkan penyebaran virus Corona ini dapat terminimalisir sejak dini dan cepat,” ucap Ihwan Ritonga, Rabu (25/3).
Ihwan Ritonga juga menghimbau kepada seluruh warga masyarakat Kota Medan terutama warga di Dapil 4 yang meliputi Kecamatan Medan Area, Medan Kota, Medan Amplas dan Medan Denai untuk menunda sementara bepergian keluar rumah atau tidak mengikuti kegiatan yang menghadirkan banyak massa. Karena, penyebaran Virus Corona akan semakin cepat bila masyarakat tidak mengindahkan peraturan yang telah dikeluarkan baik oleh pemerintah.
”Obat yang paling  manjur untuk menangkal terkena virus Corona adalah dengan tetap menjaga kebersihan diri sendiri, dan mengikuti himbauan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah. Hindari untuk keluar rumah sementara ini jika tidak terlalu penting, bagi pekerja paruh waktu, agar tetap memakai alat pelindung diri, menjaga stamina dan mengkonumsi makanan bergizi dan minum vitamin,  hindari juga kontak fisik sementara dengan orang lain,” ujar Ketua TIDAR Sumut ini.
Ihwan juga mengusulkan selama meliburkan aktivitas, pemerintah Kota Medan sebaiknya menyediakan alat pelindung diri (APD) khususnya bagi para petugas kebersihan, sebab, meski aktivitas libur, namun kebersihan lingkungan seperti penyapu jalan dan pengangkut sampah tetap melakukan aktivitasnya.
“Saya yakin kita mampu melawan virus Corona ini, jika kita tetap memgikuti anjuran pemerintah dan selalu menjaga kebersihan diri,”terangnya.
Stok Masker dan Hand Sanitizer
Politisi dari Partai Gerindra Kota Medan ini juga meminta pemerintah kota Medan mampu menjaga ketersediaan Alat Pelindung Diri (APD) seperti masker dan Hand Sanitizer yang belakangan ini sangat langkah ditemukan oleh masyarakat.
Selain itu, Ihwan juga menghimbau agar Pemko Medan selalu tetap mengawasi aktivitas masyarakat yang ada diluar rumah dan mengawasi agar tidak terjadi penimbunan sembako oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab.
” Kita minta juga pemko tetap mengawasi aktivitas masyarakat yang melakukan penimbunan Sembako dampak dari ketakutan wabah virus Corona dan bagi para pedagang tidak menaikkan harga dagangan dengan sesuka hati,”ujarnya.(Rd)