Cuci Masker Pakai Air Panas dan Deterjen...Viruspun Hilang


Jakarta,DP News
Masker perlu dicuci secara rutin. Ketika mencuci masker wajah, hindari menyentuh mata, hidung atau mulut, serta selalu rutin mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun. Selain itu, kita perlu juga memerhatikan tahapan pencucian yang tepat agar kuman dan virus pada masker kain hilang secara maksimal.
Simak tahapan sederhana berikut:
1. Air panas
 Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, menaruh masker kain di mesin cuci seharusnya cukup untuk mensterilisasinya. Namun, Direktur Lab Pembersihan Good Housekeeping Institute menyarankan agar masker wajah tersebut dicuci dengan air panas di dalam mesin cuci. Setelah itu, keringkan masker dengan suhu tinggi.
Sementara, masker kain yang bahannya lebih lembut mungkin perlu dicuci menggunakan tangan. Ingatlah bahwa kunci untuk mematikan kuman adalah panas, termasuk untuk membunuh kuman atau virus yang mungkin ada pada masker wajah yang kita kenakan.
Sebuah penelitian menemukan, air yang dipanaskan hingga di atas 60 derajat celcius secara efektif mampu membunuh kebanyakan virus.
2. Deterjen dengan pemutih
Ketika mencuci masker, gunakan deterjen dengan pemutih atau bahan aktif lainnya untuk memastikan semua mikroba yang mungkin ada pada masker mati. Mencuci masker kain harus mengikuti rutinitas yang sama seperti layaknya mencuci pakaian dalam.
Demikian dikatakan Direktur Pusat Kepemimpinan untuk Penelitian Pendidikan Keperawatan di Universitas Widener, Darrell Spurlock. "Ganti secara rutin secara berkala dan ketika kotor," ungkap dia.(Rd/Kompas.com)