200 KK Warga Kecamatan Tanjung Beringin Dapat Dana BRS ,Soekirman: Bantuan Ini Bukan Untuk Beli Sepeda Motor...

Camat Tanjung Beringin Syafruddin SE,MAP (Foto/Dolok S)
Serdang Bedagai,DP News
Tahun 2020 Kabupaten Serdang Bedagai mengalokasikan dana rehab rumah dengan program BRS (bantuan rumah swadaya) kepada 200 kepala keluarga di Kecamatan Tanjung Beringin.Demikian disampaikan Camat Tanjung Beringin Syafruddin SE,MAP. Selasa (21/7) saat ditanyai tentang program BRS tersebut.
Program BRS dikhususkan hanya Tanjung Beringin disebabkan kecamatan ini menjadi perbatasan dengan negara luar. Bupati Serdang Bedagai Ir H Soekirman hadir di desa penerima dana BRS yaitu di Desa Nagur, Desa Pekan Tanjung Beringin, Desa Tebing Tinggi dan terakhir di Desa Pematang Cermai.
Nilai bantuan per kepala rumah tangga Rp 17,5 juta yang terdiri dari bahan material dan upah tukang Rp 2,5 juta ditambah swadya dari kelompok.Kriteria untuk mendapatkan bantuan rehab rumah adalah memiliki tanah dengan legalitas resmi, menempati rumah satu-satunya dengan kondisi tidak layak huni serta belum pernah menerima bantuan rumah dan sejenisnya dari pemerintah.
Punya penghasilan minimal, sesuai UMR setempat, diutamakan punya usaha untuk meningkatkan kualitas rumah, membentuk kelompok paling banyak 20 orang.
Soekirman menyampaikan bukan zamannya lagi berpola “Biar Rumah Goyang Asal Gulai Lomak”, menjadi “Biar Rumah Tegak, Asal Gulai Lomak.”
Bupati berpesan harus menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya, mulai dari sandang, pangan dan papan. Bantuan ini bukan untuk diselewengkan jadi beli barang, misalnya sepeda motor dan lain-lain. “Awas ya, hati-hati” ujar Soekirman.
Ini akan diperiksa jangan sampai terjerat kasus hukum. Masyarakat desa perlu didampingi dengan benar oleh fasilitator ujar, Soekirman.
Desa yang mendapat program BRS menurut camat Tanjung Beringin Syafruddin sebagai berikut, 
Desa Nagur penerima 50 KK, Desa Pekan Tanjung Beringin 40 KK, Desa Tebing Tinggi 50 KK, dan Desa Pematang Cermai 60 KK. Sementara jumlah dana rehab rumah per kk  Rp17,5 juta.
Pengamatan DP News, di lokasi kantor desa selain Bupati Serdang Bedagai hadir juga Plt. Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman  H  Martiam Purba,ST. Menurut Martiam Purba, bantuan perumahan swadaya Kabupaten Sergai Tahun 2020 bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Afirmasi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan penerima bantuan ini berdasarkan data usulan dari emerintah desa.  
Anggota DPRD Serdang Bedagai Surya Anggara dari Fraksi Nasdem juga ikut hadir acara tersebut dan akan terus mengawal program ini agar benar-benar dirasakan rakyat berpenghasilan rendah sehingga tercapai pembangunan yang berpihak kepada rakyat.(dlk/s)