Normal Baru: Warga Samosir Tetap Diimbau Pakai Masker,Cuci Tangan dan Hindari Kerumunan


Samosir,DP News
Juru bicara protokol Covid-19 yang  juga Kadis Kominfo Samosir Rohani Bakara dalam siaran persnya,Kamis (2/7) mengatakan,ada tiga fakta yang kita cermati saat ini: hidup jalan terus, kebutuhan hidup harus dipenuhi, dan COVID-19 setiap saat memiliki potensi menginfeksi. Pilihan ideal adalah hidup dengan protokol kesehatan yang ketat agar aman dari potensi penularan COVID-19. 
Dijelaskan bahwa GTPP COVID-19 Kabupaten Samosir tetap mengimbau agar gunakan masker, sering cuci tangan pakai sabun, jaga jarak, hindari kerumunan, dan tingkatkan imunitas tubuh dengan mengkonsumsi makanan bergizi setiap hari.
Lanjunya,di samping itu, tetaplah terinformasi dengan informasi terkini terkait pencegahan dan penanganan COVID-19 di Kabupaten Samosir. Jangan panik terhadap berita infeksi namun peganglah prinsip COVID-19 dapat sembuh dan pemerintah tetap hadir untuk mencegah dan menangani COVID-19.
Kita perlu membangun ketahanan kesehatan di keluarga dan lingkungan kita untuk tetap dapat beraktivitas dalam kegiatan hidup kita sehari-hari. Normal baru yang diterapkan bermakna agar kita lebih berhati-hati bukan untuk lebih leluasa berkegiatan minus protokol kesehatan. Normal baru adalah membiasakan kehidupan dengan protokol kesehatan yang ketat. Jika sudah terinfeksi, harganya cukup mahal karenanya lebih baik mencegah daripada mengobati.
Hari  ini ada laporan dari Dinkes Provsu dua orang positif Covid-19 di Samosir
Nama:AI
Umur : 27 Thn
Jenis Kelamin : Perempuan
Selama ini tinggal dan bekerja di Medan.
Dan KTP Samosir ,sehingga otoritas pelaporan dari Samosir.
AI terakhir pulang ke Samosir Februari 2020 dan saat ini sedang di rawat di RS.Adam Malik Medan Dan satu orang lagi adalah AP yg sudah lebih dahulu di tetapkan terpapar covid-19 dan sampai saat ini sudah dua kali melakukan pemeriksaan Swab RT-PCR dengan hasil positif-negatif dan Sabtu besok untuk  yang ketiga kali,semoga hasilnya negatif.
Jadi dapat di pastikan bahwa keduanya tidak terpapar di Samosir,pungkasnya.
Masih kata Rohani,menyebutkan bahwa Informasi COVID-19, Kamis (2/7)
Nasional
Positif : 1.624 orang (59.394)
Sembuh : 1.072 orang (26.667)
Meninggal Dunia: 53 orang (2.987)
Provinsi Sumatera Utara
Positif : 89 orang (1.690)
Sembuh : 7 orang (424)
Meninggal Dunia : 2 orang (100)
Kabupaten Samosir
Orang Dalam Pemantauan (ODP) : nihil
Pasien Dalam Pengawasan (PDP) : nihil
Positif : nihil
Sembuh : nihil
Meninggal Dunia : nihil,tutupnya.(ML/r)