PENASARAN.....!!!,Ada Pohon Kurma Tumbuh Subur dan Berbuah Lebat di Kelurahan Sirumahombar Nainggolan.....

Samosir,DP News
Kepingin lihat Pohon Kurma tidak perlu jauh-jauh keluar kota apalagi sampai keluar negeri ,datang saja ke Nainggolan di Bumi Samosir.Saat tanamannya masih kecil dan pohonnya pendek,tidak banyak orang yang peduli dan tertarik ,disangka paling pohon jenis palma yang sudah biasa dikenal di wilayah Samosir.Memang awalnya tidak ada yang terlihat istimewa dari pohon yang biasanya tumbuh di halaman rumah dan orang yang melihatnyapun tidak merasa tertarik.
Seiring perjalanan waktu,pohon yang semula dianggap tanaman biasa saja itu siapa sangka ternyata pohon sejenis pohon palm,hiasan pekarangan rumah ini,kini bisa kita temui pohon ternyata jenis Pohon Kurma yang berasal dari Timur Tengah.Pohon kurma yang bernilai tinggi itu ternya bisa  tumbuh subur dan berbuah cukup lebat di Bumi Samosir,penasaran itu apa namanya ?.
Ketika kita mendengar Pohon Kurma  pasti  identik dengan tanaman ciri khas Timur Tengah ,tepatnya Negara Arab Saudi yang merupakan salah satu tanaman andalan yang bernilai tinggi di negara tersebut.
Namun siapa sangka ternyata pohon sejenis palm ini ,kini bisa kita temui tanaman yang dianggap langka ini ternyata ada di Bumi Samosir, percis di pesisir pantai permukiman penduduk di wilayah Kelurahan Sirumahombar,Kecamatan Nainggolan.
Secara tidak sengaja Wartawan Senior juga sekaligus sebagai Kepala Biro Media Online Delta Parira News (DP Newws) di Samosir,Mangapar Limbong megunjungi Kelurahan Sirumahombar pada pagi hari dimana pancaran sinar mata hari yang cerah terpancar ke pohon kurma terebut.
Arah pandanganpun tanpa sengaja tiba tiba tertuju ke pohon yang dianggap unik dan langka itu dan naluri jurnalistikpun muncul dn  langsung membidik dengan kamera handhone(HP) sembari bertanya kepada beberapa warga untuk memastikan itu pohon apa namanya.Waah....ternyata mereka langsung menyebutnya,itulah namanya pohon kurma.
Pada waktu itu seketika langsung muncul dalam pikiran  saya ,alangkah baiknya ini dipublikasikan agar dicoba untuk dikembangkan di bumi Samosir,mengingat  di sepanjang pantai seputaran lingkar Danau Toba masih banyak terlihat lahan tidur.
Dan atas penemuan pohon dari negara Timur Tengah ini,kemudian hari itu juga tepatnya tanggal 30 Juli lalu, langsung memposting di FB dan seketika itu juga sudah ratusan yang like dan memberi komentar serta dukungan untuk dicoba dikembangkan di Samosir.
Melihat dari rasa keingintahuan netizen semakin terdorong niat melanjuti lebih jauh lagi. Ketika diminaai tanggaan pihak Dinas Pertanian,Kadisnya  Viktor Sitinjak.SE menyambut baik sembari merasa penasaran dan beliau berjanji akan menindak lanjutinya sembari meminta foto dan alamat lokasi pohon kurma itu.
Pernah Ditawar Rp2 Juta
Mengenai kisah Pohon Kurma tersebut,Berlin Situmorang  yang warga Pasaran Parsaoran Kecamatan Nainggolan dan juga salah seorang menantu dari pemilik pohon kurma,boru Simarmata itu. Saat dihubungi menyebutkan,awalnya mertuanya Ompu Noel Limbong, boru Simarmata dulunya setiap bepergian ke Medan atau ke Pematangsiantar sering membeli buah kurma sebagai buah tangan . dan secara tidak sengaja mungkin bijinya tercampak dan tumbuh percis di depan teras rumah ,yang akhirnya tumbuh dibiarkan begitu saja terlihat indah disangka hanya tanaman bunga karena ada kemiripan dengan pohon palm,tutur  Berlin menimpali ucapan mertuanya.
Seiring bertambahnya waktu ke waktu pohonnya mulai setinggi satu meter dan kian semakin tampak indah,lalu semakin diperhatikan karena dianggap unik dibanding dengan tumbuhan yang lainnya. Lanjut berlin ,dulu kata mertuaku pernah ada penjual bunga yang pakai mobil lewat dari depan rumah sembari menawarkan berbagai jenis bunga dagangannya itu kepada mertuanya.Saat itu juga mereka menawar pohon kurmanya senilai  Rp 2 juta.
Lalu mertua sayapun sontak kaget mendengar ucapan mereka ,lalu mertua sayapun baru tahu bahwa itu pohon yang  bernilai dan  tidak menyanggupi tawaran mereka,katanya.
Sehingga pertumbuhan pohon kurma itu semakin diperhatikan,dan sekarang sudah setinggi dua meter tumbuh subur dengan umur sekitar 5-6 tahun dan sudah tiga kali berbuah lebat. Situmorang berharap agar Pemkab Samosir melalui dinas terkait untuk memperhatikan agar dapat dibudidayakan di Samosir ini.
Makanya,bagi orang Samosir yang melintas ke arah Onanrunggu singgah sebentar di Kelurahan Sirumahombar untuk meihat langsung dari dekat POHON KURMA,milik Ompu Noel Limbong Boru Simarmata.Tidak perlu pergi jauh-jauh ke Timur Tengah atau ke kota lain bila hendak melihat langsung pohon kurma,yang tergolong langka dan unik di Bumi Samosir......(ML/r)