Siapa Pendamping Boby di Medan ?,Johnny Plate: Nasdem Masih Mencari ...

Jakarta,DP News
Sekjen Partai Nasdem Johnny Plate mengatakan pihaknya masih mencari pendamping untuk mantu Presiden Jokowi, Bobby Nasution untuk maju di Pilwalkot Medan dalam Pilkada Serentak 2020.
Nasdem diketahui merupakan salah satu partai yang mendukung menantu Jokowi tersebut untuk maju sebagai bakal calon wali kota.
"Bobby generasi muda, bagus. (Calon wakil) masih berproses, kita kan menghitung semuanya dalam banyak hal," kata dia ditemui di Akademi Bela Negara Nasdem, Jakarta, Selasa (21/7) malam.
Ia mengatakan salah satu hal yang menjadi perhitungan untuk mencari tandem bagi Bobby adalah terkait sisi elektoral calon yang akan diusung. Selain itu, kata dia, calon yang nantinya diusung, juga harus bisa saling melengkapi
"Kita juga menjaga untuk kekuatan sosial politik selama masa pemerintahan, kalau itu dipercaya oleh rakyat agar pemerintahan berjalan dengan baik," kata dia.
Bobby diketahui telah menyatakan diri maju dalam Pilkada Serentak 2020 sebagai calon wali kota Medan. Dia juga sudah sowan ke sejumlah petinggi partai.
Selain Nasdem, setidaknya Bobby telah mendapat dukungan dari Golkar. PAN juga mengisyaratkan akan mendukung Bobby.
Meski demikian, PDIP sendiri belum mengumumkan dukungan meski Bobby sudah menjadi kader sejak Maret lalu. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto meminta semua pihak untuk menunggu terkait dengan rekomendasi partainya di Pilwalkot Medan
"Jadi yang di Medan tunggu saja tanggal mainnya," kata Hasto, Jumat (17/7).
Sebagaimana diketahui,nama Boby Naasution makin hangat diperbincangkan di Kota Medan berkaitan dengan pencalonannya menjadi calon Walikota Medan di Pilkada Desember nanti sebab Plt Walikota Medan Ir H Akhyar Nasution,MSi,yang merupakan kader PDI-P juga bakal maju wlau sampai sekarang belum turun rekomendasi dari DPP PDI-P.
Sampai saat ini,belum ada satu pasangan pun yang mendeklarasikan sebagai pasangan yang bakal berlaga di Pilkada 2020 nanti di Kota Medan.Akhyar Nsution pun belum mengumumkan pasangannnya (wakil walikota,red) ,demikiaan pula dengaan Boby Nasution
206 Rekomendasi
Partai Nasdem telah mengeluarkan rekomendasi calon kepala daerah yang didukungnya di 206 wilayah pada Pilkada Serentak 2020. Masih ada 64 daerah yang belum dikeluarkan rekomendasi oleh partai besutan Surya Paloh itu.
"Hingga hari ini surat rekomendasi telah dikeluarkan sebanyak 206 wilayah Pilkada atau setara 76 persen dari total 270 wilayah dan masih tersisa dalam proses sebanyak 64 wilayah atau setara dengan 24 persen," kata Sekjen Partai Nasdem, Johnny Plate, Selasa (21/7).
Johnny tidak menjelaskan secara detail nama-nama calon maupun daerah yang sudah dikeluarkan surat rekomendasi itu. Ia hanya bilang, dari total 206 rekomendasi yang telah dikeluarkan, 137 calon kepala daerah yang diusung merupakan kader Nasdem."Diantara 137 kader calon kepala daerah, menargetkan dari kader itu sendiri adalah 80 persen yang akan memenangkan pilkada atau sekitar 110 daerah pemilihan," kata dia.
Johnny mengatakanpartainya melakukan konsolidasi dan koalisi bersama 14 partai. Hal ini, kata dia, sebagai wujud semangat gotong-royong dalam politik.
"Semuanya banyak (koalisi), tapi untuk sementara ini memang kerja sama politik Nasdem dengan partai-partai Senayan cukup kuat, diantaranya Golkar, PDIP, Demokrat, Gerindra. Sampai PBB, PKPI hingga PSI bagian dari koalisi," ucap dia.
Diketahui, Pilkada Serentak 2020 bakal dihelat di 270 daerah. Terdiri atas 9 pilgub, 224 pilbup, dan 37 pilwalkot. Tahapan Pilkada sempet terhenti akibat wabah virus corona.
Kini, tahapan kembali berjalan. Pemungutan suara juga ditunda. Mulanya direncanakan pada 23 September lalu ditunda menjadi 9 Desember mendatang.(Rd/CNNIndonesia)