Soal Calon di Pilwalkot Medan,Hasto: Tunggu Tanggal Mainnya...


Jakarta,DP News 
PDIP telah mengumumkan 45 pasangan calon (paslon) gelombang kedua Pilkada serentak 2020, setelah pada 19 Februari lalu mengumumkan 48 paslon gelombang pertama. Dari dua pengumuman itu belum ada nama yang akan diusung PDIP untuk Pilkada Kota Medan, Sumatera Utara.
"Jadi yang di Medan tunggu saja tanggal mainnya," kata Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto dalam sesi tanya jawab usai mengumumkan daftar 45 paslon kepala daerah dan wakil kepala daerah di Pilkada Serentak 2020 yang berlangsung secara daring, Jumat (17/7).
Nama paslon dari PDIP untuk Pilkada Kota Medan dinantikan karena menantu Presiden RI Jokowi, Bobby Nasution, berhasrat maju dalam Pemilihan Wali Kota (Pilwakot) di ibu kota Sumatera Utara tersebut. Bobby, kader PDIP, telah dapat dukungan dari Golkar dan sejumlah partai lain.
Hasto menegaskan PDIP adalah partai politik yang memiliki displin dan tegak pada konstitusi partai. Oleh karena itu, semua kader akan menaati keputusan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri terkait pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang akan diusung di Pilkada.
"Ketika nanti rekomendasi sudah ditandatangani Megawati, karena beliau yang mempunyai kewenangan sesuai keputusan Kongres [ketiga PDIP], maka semua wajib untuk taat asas," katanya.
Dalam pengumuman 45 jagoan untuk Pilkada 2020 itu,  PDIP resmi mengusung putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming maju sebagai bakal calon Wali Kota Solo.
Gibran yang telah menjadi kader PDIP sejak September 2019 itu akan didampingi anggota DPRD Solo dari fraksi PDIP Teguh Prakosa sebagai Calon Wakil Wali Kota.
Golkar Cari Pendamping Bobby Nasution
Golkar sendiri telah mengumumkan 156 bakal paslon kepala daerah di Pilkada 2020. Dari jumlah itu 16 di antaranya ada di Sumut, minus paslon Kota Medan.
Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPD I Partai Golkar Sumut Ahmad Doli Kurnia mengatakan nama-nama yang diusung Golkar pada Pilkada di Sumut telah dibahas secara intens selama dua pekan terakhir.
Adapun untuk Pilkada di Kota Medan, kata Doli, Golkar tetap berkomitmen mendukung Bobby Nasution sebagai bakal calon Wali Kota Medan. Hanya saja, Golkar belum menentukan siapa yang akan diusung untuk mendampingi Bobby.
"Ke depan akan kita komunikasi siapa yang akan menjadi pendamping pak Bobby," jelas Doli.
Pilkada Serentak 2020 tahapannya telah dimulai pada Juni lalu setelah sempat berhenti terkait masa darurat pandemi virus corona (Covid-19). Rencananya, masa pencoblosan atau pemungutan suara akan dilakukan 9 Desember 2020.
Ada 270 daerah tingkat provinsi hingga kabupaten/kota yang menggelar Pilkada secara serentak pada 2020 ini. Daerah-daerah itu terdiri atas 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota.(Rd/CNNIndo nesia)