Rapidin Simbolon: Pembangunan Jalan Simargulang Ombun dan Jalan Siria-ria Tembus ke Humbahas Harus Terlaksana...


Samosir,DP News
Berbagai usulan masyarakat terutama pembukaan jalan disampaikan saat Bupati Samosir Drs Rapidin Simbolon,MM berkunjung sekaligus launching bus sekolah di Desa Janji Maria Kecamatan Sitio-tio,Senin(24/8).
Usulan masyarakat untuk pembukaan jalan di Simargulang Ombun, bupati mengatakan bahwa pembukaan jalan tersebut akan segera direalisasikan dengan syarat lahan tersebut tidak masuk dalam register wilayah hutan negara.
Terkait jalan Siria-ria yang akan menghubungkan Sitio-tio dengan Humbang Hasundutan katanya anggaran untuk pembukaan jalan sudah ditampung, akan tetapi terkendala akibat ijin dikarenakan lahan tersebut masuk dalam wilayah register hutan negara.
Namun demikian, Bupati Samosir mengatakan tetap mengupayakan pembukaan jalan tersebut dengan menjalin koordinasi dengan pihak Pemkab Humbang Hasundutan, Propinsi Sumatera Utara dan Menteri Kehutanan.
Pemkab Samosir tetap optimis untuk pembukaan jalan tersebut kata bupati seraya mengimbau agar masyarakat tidak mudah termakan isu atas pembukaan jalan tersebut karena kenyataanya terkendala masalah ijin pengelolaan hutan.
"Masih diperlukan pendekatan kepada Menteri Kehutanan dan Pemkab  Humbahas. Ada halangan akibat menembus hutan lindung. Bukan gagal cuma perlu merekondisi dengan Pemkab Humbahas" tambah Rapidin
Hal senada disampaikan Ketua DPRD Samosir Saut M Tamba didampingi Wakil Ketua DPRD Samosir Pantas Marroha Sinaga bahwa pada bulan Juli lalu telah koordinasi dengan DPRD Humbang Hasundutan untuk mendorong pembukaan jalan  yang akan menembuskan jalan ke Samosir melalui Kecamatan Sitio tio.
Menurutnya,belum terealisasinya pembukaan Jalan Siria-ria ke Parsingguran Humbahas bukan semata-mata  permasalahan di Pemkab Samosir tetapi juga belum dibukannya tembusan jalan tersebut oleh Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan. Sebagai putra daerah dari Kenegerian Tamba, Saut menjanjikan bahwa pembukaan jalan tersebut akan diperjuangkan.
Masyarakat setempat antusias hadir dalam acara tersebut dan menandakan kebanggaan atas bantuan tersebut tokoh masyarakat memberikan ulos dan "Tukkot Tunggal Panaluan"(foto) kepada Bupati Samosir Drs Rapidin Simbolon,MM.
Dalam kesempatan itu juga, Bupati Samosir (foto) melantik kelompok sadar wisata "Sorga" (Sosor Galung). Kelompok ini nantinya diharapkan menjadi pelopor pelaku wisata untuk mengelola objek-objek wisata yang ada di Tamba Dolok dan Janji Maria. 
Bupati menyampaikan, bahwa objek yang ada akan ditata dan didukung Pemkab. Samosir. Diharapkan juga agar Pokdarwis bekerja keras guna peningkatan nilai ekonomi. (ML/r)