Samosir Bersiap Swab Test Massal: Jadwal Minggu Ketiga September Nanti

Samosir,DP News
Sumatera Utara memiliki positivity rate (angka positivitas) Covid-19 yang cukup tinggi dan termasuk salah satu daerah yang akan melakukan Swab Test Massal (Tes Usap Massal) yang direncanakan minggu ketiga September 2020. Satgas Penanganan Covid-19 Samosir perlu menyampaikan informasi pendahuluan ini secara masif kepada seluruh masyarakat agar dapat mengeliminir rasa enggan dan benar-benari siap untuk mengikutinya,hal ini dikemukakan kadis komimfo dalam siaran persnya,(28/8).
Diterangkan Rohani,Secara umum, di Indonesia ada delapan provinsi yang positivity rate yang cukup tinggi dan melaksanakan Swab Test Massal ini yaitu DKI Jakarta, Surabaya (Jawa Timur), Semarang (Jawa Tengah), Bandung (Jawa Barat), Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, Banten, dan Bali. Sedangkan untuk Sumatera Utara ada 25 kabupaten/kota yang melaksanakan Swab Test Massal kecuali Medan, Binjai, Deli Serdang (Mebidang), dan kepulauan Nias. Secara angka, target peserta Swab Test Massal ini direncanakan 20 orang per hari dan 100 orang dalam lima hari.
Sebelum dimulai, Satgas Penanganan Covid-19 Samosir akan melakukan koordinasi dengan Satgas Penanganan Covid-19 Pemprovsu terkait konsep, metode, strategi, dan teknis pelaksanaan kegiatan ini. Di tingkat kabupaten/kota, Satgas Penanganan Covid-19 Samosir akan berkordinasi dengan TNI/Polri, Dinas Kesehatan, Satpol Pamong Praja, Dinas Kominfo, dan dinas-dinas terkait lainnya sebagai satu kesatuan dalam Satgas Penanganan Covid-19 Samosir,imbuhnya.
Tujuan dasar Swab Test Massal ini adalah memetakan persebaran penularan Covid-19 di Provinsi Sumatera Utara. Sebelum Swab Test Massal tersebut dilaksanakan, Satgas Penanganan Covid-19 Samosir perlu menciptakan kondusifitas menjelang hari pelaksanaan dengan indikator timbulnya kesadaran masyarakat untuk mengikuti Swab Test Massal dan menerima hasilnya secara positif dan tidak panik,himbaunya.
Secara teknis,Satgas Penanganan Covid-19  Samosir akan mempersiapkan tempat, alat, karantina mandiri, dan kelengkapan lainnya untuk memberhasilkan pelaksanaan Swab Test Massal ini secara optimal dengan kordinasi dengan dukungan para pihak terutama masyarakat Samosir secara umum.
Satgas Penanganan Covid-19 Samosir mengajak seluruh elemen masyarakat agar mengikuti Swab Test Massal dengan kuota yang ditentukan yaitu 100 orang dalam lima hari. Selain itu, Satgas Penanganan Covid-19 akan mensiasati dan mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan yang timbul dari pelaksanaan Swab Test Massal ini. Oleh karena itu, marilah menyikapi program ini secara positif dan berdoa agar hal-hal yang tidak kita ingini tidak terjadi selama pelaksanaannya sebaliknya dimampukan melihat setiap sisi positif upaya yang dilakukan Pemerintah (Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota,tutup rohani. (ML-r)
Data Perkembangan Covid-19, Kamis (27/8)
Nasional
Konfirmasi : 2.719 orang (162.884)
Sembuh : 3.166 orang (118.575)
Meninggal Dunia: 120 orang (7.064)
Provinsi Sumatera Utara
Konfirmasi : 104 orang (6.541)
Sembuh : 117 orang (3.559)
Meninggal Dunia : 6 orang (295)
Kabupaten Samosir
Suspek : Nihil
Konfirmasi : Nihil
Sembuh : 1 orang
Meninggal Dunia : Nihil