Ide 'Unik' Ditengah Covid-19: Antonius Tumanggor Prakarsai Suntik Rabies Gratis Anjing Piaraan


Medan,DP New
Suasana di Sopo Restorasi yang teletak di Jalan Karya Mesjid Kelurahan Sei Agul Medan Barat, Senin (7/9) siang tiba-tiba  ramai.Namun kali ini unik karena  bukan hanya diramaikan warga tetapi 335 anjing dan kucing piaraan ikut 'menyerbu'  Sopo Restorasi.
Berbagai jenis anjing dan kucing pun menunggu giliran untuk disuntik vaksin rabies oleh petugas dari Dinas Pertanian dan Perikanan Medan.
Warga berbondong-bondong datang karena mengetahui ada vaksin rabies gratis yang diprakarsai Anggota DPRD Medan dari Fraksi Nasdem Antonius Devolis Tumanggor bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan Perikanan Medan.
Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Medan Ir Irsyad R Marbun mengerahkan satu mobil dan sejumlah petugas untuk melayani penyuntikan vaksin rabies.
Pemilik hewan piaraan pun cukup antusias untuk memvaksin hewan kesayangannya.  Seperti pengakuan Maulana Marbun,warga Jalan Kapten Muslim membawa 14 ekor anjing kesayangannya.
Mengenai ide 'unik' suntik rabies ini,Antonius Tumanggor mengatakan untuk membantu warga mengingat mahalnya biaya vaksin hewan peiaraan.Muncul ide membantu pemilik hewan piaraan ditengah pandemi COVID-19 dengan sulitnya perekonomian rakyat.
Mendengar keluhan tersebut,Wakil Ketua Fraksi NasDem DPRD Medan inipun berkonsultasi dengan Ketua Partai NasDem Medan Afif Abdillah,SE untuk pelaksanaan vaksin gratis.
Saat mendengar rencana saya itu, beliau (Afif Abdillah) sangat setuju. Lalu sayapun meminta bantuan Kadis Pertanian dan Perikanan  Medan untuk melakukan suntik vaksin rabies tersebut,”ujarnya.
Bukan hanya disuntik,semua hewan piaraan diberikan sertifikat dan kalung hewan oleh petugas Dinas Pertanian dan Perikanan Medan.
Menanggapi ide tersebut,Ketua Fraksi Partai NasDem Medan Afif Abdlillah sangat mendukung kegiatan vaksin gratis hewan  piaraan yang diprakarsai Antonius D Tumanggor, selaku anggota DPRD Kota Medan dari Partai NasDem.
Dia berjanji akan menjadikan program untuk kegiatan seluruh DPC Partai NasDem di Kota Medan.
Luar bisa program tersebut, kita apresiasi, dan programnya akan kita jadi contoh untuk bisa dibuat di tingkat pengurus kecamatan NasDem,kata Afif melalui pesan WhatsApp.
Salah orang warga yang akrab dipanggil Pak Viet mengatakan sangat berterimakasih atas program vaksin gratis yang diprakarsai Anggota dewan dari Partai NasDem tersebut. Sebelumnya sudah lama ingin membawa binatang peliharaannya ke dokter hewan namun mengingat biaya yang mahal dan menjadi terkendala.
Dengan adanya vaksinisasi gratis dari Partai NasDem, saya beserta warga lain sangat terbantu dalam hal pengurusan binatang kesayangan.
Dari sisi positipnya, hal ini sangat penting, karena dengan sendirinya binatang piaraan warga akan terhindar dari penyakit rabies,” ujar Pak Viet.
Sementara itu,para petugas dari Dinas Pertanian dan Perikanan dengan sabar menyuntik anjing dan kucing piaraan sambil memberi penjelasan kepada pemiliknya.
Anggota DPRD Medan dari Dapil 1 yang duduk di Komisi Antonius Tumanggor pun nimbrung menyaksikan langsung penyuntikan hewan piaraan karena anggota dewan inipun penyayang anjing piaraan.(Tim DP News/Rd)