Penanaman Pohon Peringati Hari Ekologi Keuskupan Agung Medan,Akhyar: Rawatlah Agar Tumbuh Baik...

Medan,DP News            

Memperingati Hari Ekologi Keuskupan Agung Medan,Plt Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi lakukan penanaman pohon, Jumat (25/9).KegiatanpPenanaman pohon ini dilakukan merupakan salah satu bentuk kepedulian terhadap lingkungan. Selain membuat udara lebih segar, penanaman pohon ini juga diharapkan dapat mengurangi dampak pemanasan global.

Penanaman pohon yang dilakukan Akhyar bersama Komisi Pendidikan Keuskupan Agung Medan Pastor Erwin Manulang dan Yayasan Karya Murni Suster Kristin Pasaribu di halaman Sekolah Luar Biasa (SLB-A) Karya Murni Medan Jalan Karya Wisata No 5 Kelurahan Pangkalan Masyhur Medan Johor.

Akhyar sangat mengapresiasi dan mendukung penuh digelarnya penanaman pohon ini. Sebab, Akhyar menilai penanaman pohon ini dilakukan sebagai bentuk upaya menjadikan Kota Medan lebih hijau ke depannya. 

"Masih banyaknya masyarakat yang belum mencintai dan menganggap pohon di sekitarnya sebagai penghalang rezekinya.Padahal, pohon membuat tempat di sekeliling kita terasa sejuk dan memberikan manfaat lainnya di dalam kehidupan kita," ucap Akhyar.

Akhyar berpesan, penanaman pohon ini jangan hanya sekedar menanam saja, tetapi harus dirawat dan diperhatikan agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. "Menanam itu nikmat tapi lebih nikmat lagi merawat tanaman itu sendiri. Dia tidak hanya sekedar tanam dan tumbuh saja, tetapi kita juga harus merawatnya dengan penuh cinta agar dia tumbuh dengan indah," pesan Akhyar.


Sementara itu, Komisi Pendidikan Keuskupan Agung Medan Pastor Erwin Manulang menjelaskan bahwa hari ekologi juga merupakan hari bersih dan peduli lingkungan bagi seluruh umat Keuskupan Agung Medan.Melalui Peringatan Hari Ekologi ini Jemaat diingatkan Kembali untuk melihat lingkungan hidup adalah bagian dari diri kita. Artinya Bumi adalah ibu kita yang memberikan kita penghidupan dan memberikan kita makan.

"Di Peringatan Hari Ekologi ini, seluruh Keuskupan Agung Medan diminta untuk menjaga dan memelihara lingkungan atau bumi kita agar tetap memberikan kehidupan bagi kita. Artinya jangan kita mengeksploitasikan bumi untuk kepentingan pribadi semata. Untuk itu bersama kita menjaga alam dan menjaga Ekologi," katanya.

Dijelaskan Pastor Erwin Manulang, aksi penanaman pohon dalam rangka memperingati Hari Ekologi ini dilakukan sebagai wujud kita dalam menjaga lingkungan khususnya di Kota Medan. Apalahi kami mengetahui Pak Akhyar sangat senang dalam menanam dan merawat pohon.Kami sangat berterima kasih kepada Plt Wali Kota Medan yang telah berkenan hadir dan menanam pohon dalam rangka memperingati Hari Ekologi Keuskupan Agung Medan," ungkapnya.

Turut hadir dalam penanaman pohon ini Kepala Sekolah Karya Murni Lusia Cusita Winarti beserta seluruh staf pengajar, Kadis Lingkungan Hidup Kota Medan Armansyah Lubis, Camat Medan Johor Zulfakhri Ahmadi beserta lurah dan kepling dan Ketua Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Medan Ceperianus Gea beserta pengurus.

Kegiatan ini juga dihadiri  para tokoh Katolik diantaranya Binsar Simarmata, CP Nainggolan, Benny Winata,Nicolaus Sihombing, Dion Sihombing sebagai sekretaris Komdik-KAM, para Suster Kongregasi KSSY.

Suster Kristin Pasaribu,  KSSY sebagai Pengurus Yayasan SLB-A menekankan perlunya adanya Perda Disabilitas untuk kesamaan mendapatkan hak bagi kaum penyandang Disabilitas di Kota Medan. Sedangkan Ketua Komisi Pendidikan Keuskupan Medan Pastor Erwin Manullang,OFM.Cap dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan  Hari Ekologi diperingati secara rutin setiap bulan Agustus setiap tahunnya sejalan dengan Ensiklik Paus Fransiskus " Laudotu Si" artinya mahluk ciptaan lain (hewan dan tumbuhan)  harus dipandang saudara dan saudari, dimana Ensiklik ini memuat memuat pandangan dan seruan Paus Fransiskus tentang pentingnya mengatasi perubahan iklim dan melindungi lingkungan hidup. 

Pastor Erwin Manullang menambahkan kegiatan ini juga mendorong kita semua dan para stekholder serta anak didik mencintai lingkungan hidup karena lingkungan hidup adalah ibu yang telah memberi kita hidup makan,  maka ibu harus dijaga dan dipelihara agar kita hidup bahagia dan damai. 

Akyar Nasution juga mengatakan apabila masyarakat Kota medan masih memberi amanah kepadanya  untuk memimpin kota medan kelak maka beliau akan menggerakkan penanaman pohon dimana masih banyak masyarakat kita belum mencintai lingkungannya dan diakhir sambutanya Akyar nengajak masyarakat untuk menyelamatkan lingkungan hidup maka pengelolaanya pun harus dilakukan secara integral dan bukan sepotong sepotong. 

Di akhir kegiatan, Akhyar Nasution secara simbolis melakukan penanaman pohon didampingi Pastor Erwin Manullang,OFM. Cap dan Sr. Kristin br.  Pasaribu,  KSSY  di halaman SLB-A Yayasan Karya Murni Medan Johor.Pada kesempatan ini Dion Sihombing, msi sebagai Sekretaris Komdik-KAM mengucapkan terimakasih atas partisipasi semua pihak yang ikut serta dalam kegiatan ini(hot/Rd)