Edukasi Komunitas Berperan Penting Cegah Pandemi Covid-19

 

Samosir,DP News

Edukasi komunitas memainkan peranan penting dalam upaya pencegahan, pengendalian, dan penanganan Covid-19. Oleh karena itu, GTPP Covid-19 Samosir mengimbau kita semua yang telah memiliki pemahaman yang baik terkait Covid-19 dan Protokol Kesehatan agar setiap waktu mengupayakan edukasi sederhana bagi orang-orang yang kita temui dimana dan kapan pun sekedar mengingatkan saat ini kita sedang berjuang melawan Covid-19 secara masif.

Edukasi komunitas saat ini adalah mengkampanyekan pentingya protokol kesehatan untuk mencegah penularan bagi orang-orang yang belum terpapar. Di samping itu, perlu juga menginformasikan bagi para lansia dan penderita penyakit penyerta perlu memproteksi diri dengan menghindarkan kerumunan-kerumunan jika tidak perlu karena alasan potensi penularan.

Pada dasarnya, kita memiliki tanggung jawab sosial untuk mengedukasi komunitas terkait Covid-19 dan Protokol Kesehatan. Oleh karena itu, GTPP Covid-19 Samosir mengajak kita semua untuk memulainya pada keluarga per keluarga. Jadi, pendekatan dari satuan sosial terkecil akan membesar ke satuan sosial terbesar jika kita sungguh-sungguh melakukannya secara konsisten.

Semangat kolaborasi antar para pihak juga diharapkan akan memberhasilkan edukasi komunitas seperti lembaga pendidikan, pertemuan sosial/adat, dan kegiatan-kegiatan legislatif, eksekutif, dan yudikatif. Dalam seluruh interaksinya dengan masyarakat, pada awal dan akhir pertemuannya tetap mengedepankan keselamatan masyarakat dan pencerahan penting terkait Covid-19 dan Protokol Kesehatan.

Edukasi komunitas secara proses secara praktis harus dilakukan secara terus menerus untuk memastikan tingkat pemahaman standar terkait Covid-19 dan protokol kesehatan. Jadi, kita semua pada posisi mengedukasi komunitas kita masing-masing baik secara lisan maupun tulisan pada berbagai kesempatan,kata Kadis Kominfo Rohani Bakara kepada sejumlah wartawan di Pangururan,Kamis(8/10)

Lebih lanjut,Kita harus ingat bahwa kita sedang berjuang untuk meningkatkan ketahanan kesehatan dan ekonomi masyarakat secara umum. Oleh karena itu, GTPP Covid-19 Samosir mengajak kita semua untuk menunaikan tanggung jawab sosial kita untuk mengedukasi komunitas kita masing-masing dengan tujuan angka infeksi harian dapat menurun karena kita memang benar-benar berupaya mencegah, mengendalikan, dan menangani Covid-19 secara bersama-sama,ujarnya. (ML/r)

 Data Perkembangan Covid-19, Kamis (8/10)

Nasional

Konfirmasi : 4.850 orang (320.564)

Sembuh : 3.769 orang (244.060)

Meninggal Dunia: 108 orang (11.580)

Provinsi Sumatera Utara

Konfirmasi : 99 orang (11.064)

Sembuh : 189 orang (8.237)        

Meninggal Dunia : 7 orang (459)

Kabupaten Samosir

Suspek : Nihil

Konfirmasi : 1 orang

Sembuh : 1 orang

Meninggal Dunia : 1 orang