Pemko Medan Ajak Tenaga Kerja Kota Medan Patuhi Protokol Kesehatan

Medan,DP News                 

Pemko Medan melalui Dinas Tenaga Kerja Kota Medan mengajak seluruh tenaga kerja yang ada di Kota Medan untuk selalu disiplin menjalankan protokol kesehatan 3M, yaitu memakai masker saat beraktivitas diluar rumah, mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun atau hand sanitizer dan menjaga jarak antara satu dengan yang lain.

Ajakan ini disampaikan Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Medan Ir Arief Sudarto Trinugroho MT diwakili Kepala Dinas Tenaga Kerja ( Disnaker) Kota Medan Hannalore Simanjuntak saat memimpin kegiatan Sosialisasi Perwal No. 27/2020 tentang Pedoman Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) Pada Kondisi Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid 19) di Posko Gugus Tugas Gedung Serba Guna Dharma Wanita, Jalan Rotan Medan,Selasa (3/11).

Dikatakan Hannalore, dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid 19, Dinas Tenaga Kerja Kota Medan telah melakukan  sosialisasi untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan kepada perusahaan yang ada di Kota Medan seperti yang telah diatur di dalam Perwal No. 27/2020 tentang Pedoman Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) Pada Kondisi Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid 19)  kepada seluruh perusahaan yang ada di Kota Medan.

"Sosialisasi ini merupakan cara yang dapat kita lakukan untuk mencegah serta menghentikan penyebaran Covid 19 di Kota Medan. Dinas Tenaga Kerja sebelumnya juga telah turun ke lapangan langsung dengan mengunjungi seluruh stakeholder Dinas Tenaga Kerja Kota Medan untuk mensosialisasikan Perwal No 27/2020 ini," kata Hannalore.

Dalam kesempatan tersebut, Hannalore juga menjelaskan tujuan dari sosialisasi ini adalah upaya yang dilakukan Pemko Medan agar seluruh masyarakat Kota Medan memahami bahwa pandemi ini siapa saja bisa terinfeksi Virus Corona. Sehingga masyarakat Kota Medan harus disiplin menjalankan protokol kesehatan 3M.

"Disiplin menjalankan protokol kesehatan merupakan anjuran dari pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid 19 saat ini, supaya tidak banyak yang terkena dan tidak menyebar ke orang banyak. Maka dari itu, patuhilah protokol kesehatan agar kita tidak terkena Covid 19 ini," jelasnya.

Selanjutnya, ditempat yang sama, Kecamatan Medan Polonia juga menggelar sosialisasi Perwal No. 27/2020 tentang Pedoman Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) Pada Kondisi Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid 19) kepada para warga yang mewakili 5 kelurahan yang ada di Kecamatan Medan Polonia.Sosialisasi yang dipimpin Camat Medan Polonia Amran Sanusi Rambe, melaporkan kegiatan yang telah dilakukan Kecamatan Medan Polonia untuk memutus mata rantai penyebaran Covid 19 di Kecamatan Medan Polonia.

"Tujuan dari sosialisasi ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada warga Kecamatan Medan Polonia untuk meningkatkan kesadaran dan patuh dalam menjalankan protokol kesehatan sesuai dengan anjuran di dalam Perwal No 27/2020 guna memutus mata rantai penyebarannya," jelasnya.

Dilaporkan Camat Medan Polonia, Kecamatan Medan Polonia telah melakukan upaya guna memutus mata rantai penyebaran Covid 19 di Kecamatan Polonia seperti menggelar sosialisasi dan pembagian masker kepada warga Kecamatan Medan Polonia. Kemudian turun langsung kelapangan seperti warnet, pasar, tempat makan dan yang lainnya untuk memberikan pemahaman agar disiplin menjalankan protokol kesehatan. Selanjutnya menggelar razia masker yang bekerja sama dengan Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Satpol PP.

Selain itu, tambah Camat Medan Polonia, Kecamatan Medan Polonia juga membuka posko yang berada di Kantor Camat Medan Polonia dari jam 12.00 - 24.00 wib guna memberikan kenyamanan kepada warga jika ada pengaduan pada malam hari Kecamatan Medan Polonia tetap ada untuk warganya.

"Kami telah melakukan berbagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid 19 khususnya di Kecamatan Medan Polonia dengan memberikan pemahaman agar masyarakat sadar protokol kesehatan dan semua berjalan dengan lancar. Sehingga peningkatan Covid 19 di Kecamatan Medan Polonia sedikit bahkan menurun. Maka dari itu, mari sama-sama kita ingatkan keluarga dan orang sekitar kita untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan agar tidak tertular," ajaknya.(hot/Rd)