Kecoak Berkeliaran: Usir Dengan Daun Serai, Mentimun dan Bawang Putih

Jakarta,DP News

Melihat kecoak bisa menimbulka rasa jijik dan kesal bagi seseorang.Kecoak adalah salah satu hewan yang keras kepala, ulet, dan menjengkelkan, yang sangat sulit untuk disingkirkan dan kehadirannya tidak pernah diinginkan oleh penghuni rumah manapun.

Untuk membasminya, kamu dapat menggunakan semprotan serangga berbahan kimia, tetapi ini tidak terlalu baik untuk kesehatan.

Jika kamu sensitif terhadap bahan kimia atau memiliki anak di rumah, yang terbaik adalah menjauhkan semprotan serangga dengan kandungan bahan kimia berbahaya tersebut.

Hal terbaik yang dapat kamu lakukan untuk mengusir kecoak di rumahmu adalah dengan melakukan cara yang alami.

Dan tahukah kamu bahwa ada tanaman yang dapat mengusir kecoak dan membantumu menyingkirkannya dari rumahmu.

Yang perlu kamu lakukan hanyalah menambahkan tanaman ini di taman atau meletakkannya di dalam rumahmu dan kamu bisa menjauhkan kecoak masuk ke rumahmu.

Jika kamu penasaran dengan apa saja tanaman tersebut, berikut 7 tanaman yang bisa mengusir kecoak, dilansir dari beberapa sumber antara lain:

1. Catnip

Catnip umumnya dikenal sebagai tanaman yang sangat disukai oleh kucing.

Mungkin kamu tidak tahu kalau catnip sangat baik dalam mengusir kecoak dan banyak serangga lainnya seperti semut, kumbang kutu, kumbang, dan banyak lagi.

Yang perlu kamu lakukan hanyalah menanam banyak catnip di sekitar rumahmu.

Tanaman akan melindungi rumahmu dari serangan kecoak dan menjaganya tetap bebas serangga. Kamu juga dapat menanamnya di taman dalam ruanganmu dan membiarkannya bekerja dengan ajaib.

2. Daun salam

Menjadi bagian dari bumbu dapur tetap di dapurmu, daun salam dapat bekerja dengan sangat baik dalam membasmi kecoak, serangga, dan tikus.

Tanam saja tanaman sambiloto ini di sekitar rumah dan halaman belakang rumahmu untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Daun salam sangat kuat, bahkan jika kamu tidak bisa menanamnya, kamu bisa menggunakan daun kering untuk mengusir hama.

3. Krisan

Jika Anda menginginkan tanaman multitalenta yang tidak hanya dapat mengusir kecoak tetapi juga memberikan keindahan yang indah pada halaman rumah, krisan adalah salah satunya.

Bunga ini sangat cantik serta dapat mengusir kecoak dan banyak serangga lainnya termasuk kutu, kutu, tungau, dan banyak lagi.

4. Pohon jeruk Osage

Juga dikenal sebagai apel pagar, pohon jeruk Osage terkenal dengan bentuk buahnya yang tidak biasa.

Menanam pohon ini di halaman rumah akan mengusir semua jenis kecoak dan menjaga rumah Anda tetap bersih dan aman. Selain itu, buahnya sangat bagus untuk membasmi hama.

Tanaman ini juga dapat digunakan untuk mengekstrak minyak yang dapat digunakan di dalam ruangan untuk membasmi kecoak.

5. Serai

Serai adalah satu pengusir serangga tertua yang diketahui. Kecoak, dan berbagai serangga lainnya sangat membenci tanaman ini.

Serai wangi sering ditemukan dalam lilin dan pengusir serangga alami karena khasiatnya yang efektif. Mereka terlihat seperti rumput besar dan indah dan dapat dengan mudah ditanam di pekebun teras dan hamparan bunga.

Serai tidak hanya akan terlihat sangat bergaya tetapi juga membantu Anda menyingkirkan semua kecoak dan serangga dari rumah Anda.

6. Mentimun

Kecoak sangat membenci bau mentimun dan akan lari begitu saja saat bersentuhan. Menyimpan kulit mentimun di pojok lebih efektif, tetapi tidak higienis dan aman.

Jika Anda memiliki anak atau hewan peliharaan, mereka mungkin memakan irisan mentimun yang disimpan itu yang dapat memengaruhi kesehatan mereka.

Jadi, yang terbaik adalah menanam mentimun di sekitar rumah. Anda dapat dengan mudah menanamnya di balkon, halaman belakang, dan teras untuk memastikan baunya menyebar ke dalam rumah.

Tidak hanya akan mencegah kecoak, tetapi juga membasmi serangga dan banyak serangga lainnya.

7. Bawang putih

Bawang putih memiliki bau menyengat yang sangat khas yang mengusir kecoak dan banyak serangga lainnya. Bawang putih cincang segar paling baik digunakan, tetapi bisa juga terlalu menyengat bagi manusia.

Jadi, pilihan terbaik adalah menanam tanaman bawang putih di area halaman rumah.

Bawang putih dapat dengan mudah ditanam di balkon atau teras dan akan membantu Anda menyingkirkan semua serangga yang membandel dan mengganggu di rumah.

Kesimpulan

Tumbuhkan tanaman-tanaman tersebut di sekitar rumah dan pastikan rumah bersih dan higienis untuk menghindari infestasi kecoak. Jangan menyimpan genangan air dan pastikan semua sampah tertutup dengan benar.

Jika Anda tidak memiliki ruang untuk menanam tanaman, Anda selalu dapat menggunakan minyak esensial dan bubuk kering untuk melakukannya.(kompas.com/rd)